Breaking News
  • Home
  • Slider
  • Bupati Ponorogo Lepas 176 Kyai dan Marbot Umroh Gratis

Bupati Ponorogo Lepas 176 Kyai dan Marbot Umroh Gratis

By on December 6, 2018 0 279 Views

SEBANYAK 176 kyai dan marbot Ponorogo dilepas keberangkatannya untuk melaksanakan ibadah umroh gratis. Mereka akan terbang menuju Mekkah dan Madinah pada Senin (10/12/2018) mendatang.

Ke-176 kyai dan marbot tersebut adalah warga Ponorogo yang mengikuti Program Umroh 1000 Kyai Kampung dan Marbout Tahun Anggaran 2018. Mereka dilepas langsung oleh Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni pada Kamis (6/12/2018) di Pendopo Agung Ponorogo.

Pada program yang baru pertama kali digelar ini, ada 74 kyai dan 102 marbot yang berangkat umroh secara gratis. “Mereka adalah hasil seleksi dari ratusan calon peserta umroh. Para peserta harus memenuhi sejumlah persyaratan yang bersifat pengabdian, keilmuan dan kondisi sosial masing-masing calon peserta,” ungkap Bupati Ipong usai acara pamitan dan pelepasan.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni saat melepas para kyai dan marbot untuk berangkat umroh secara gratis dengan biaya dari Pemkab Ponorogo. Direncanakan mereka terbang ke tanah suci pada Senin (10/12/2018).

Sebelumnya, program yang anggarannya mencapai Rp 4 miliar ini rencananya memberangkatkan 171 orang. Namun setelah lelang, ternyata biaya per orang yang tadinya Rp26 juta bisa ditekan menjadi sekitar Rp22,6 juta. Maka dana yang tersisa dialokasikan untuk menambah peserta sehingga jumlahnya menjadi 176 orang.

Bupati Ipong mengatakan, bagi Pemkab Ponorogo, program ini adalah wujud dari visi religius dari semboyan Berbenah Menuju Ponorogo yang Lebih Maju Berbudaya dan Religius. Program ini menjadi balas budi bagi orang-orang yang melakukan pekerjaan sosialnya selama ini. Sebab tanpa peran mereka, akan banyak mushola dan masjid yang kurang terawat dan mungkin banyak yang tidak ada pemimpin solatnya.

Program ini juga bisa menjadi memotivasi bagi semua orang untuk ikhlas dalam beribadah. Dengan ibadah yang ikhlas, kata Bupati Ipong, Allah bisa membalas dengan sesuatu yang tidak terduga-duga.

Para kyai dan marbot peserta Program Umroh 1000 Kyai Kampung dan Marbout Tahun Anggaran 2018 saat berdoa dalam acara Pamitan dan Pelepasan di Pendopo Agung Ponorogo pada Kamis (6/12/2018). Rencananya mereka terbang ke tanah suci pada Senin (10/12/2018).

“Mereka ini katanya ada yang mimpipun (untuk umroh) tidak pernah karena kondisi ekonominya. Mungkin sudah belasan atau puluhan tahun ikhlas bersihkan mesjid, iklhas imami solat. Maka oleh Allah melalui Bupati atau Pemkab Ponorogo akhirnya. Bukan saya atau pemkab sebenarnya, tapi Allah menggerakkan hati saya sehingga ada ide untuk memunculkan program ini, dibawa ke dewan dan berbagai pihak kok disetujui,” ulasnya.

Bupati Ipong berharap, dengan program umroh Ponorogo akan bertambah keberkahannya. Berkah tersebut bisa menjadi bebagia hal yang positif di Ponorogo. Di antaranya adalah kondisi tenteram, aman dan semakin makmur dan sejahtera.

Pada 2019 mendatang program ini akan dipertahankan. Dalam APBD 2019 yang sudah dibahas dan disahkan oleh DPRD Ponorogo, program umroh gratis untuk kyai dan marbot anggarann yang disediakan sebanyak Rp 5,2 miliar. Perkiraannya, ada 220 kyai dan marbot yang bisa diumrohkan. (kominfo/dist)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *