Breaking News
  • Home
  • News
  • Bupati Ponorogo Tunggu Persetujuan Pemaprasan Hutan Lindung Demi Pelabaran Jalan

Bupati Ponorogo Tunggu Persetujuan Pemaprasan Hutan Lindung Demi Pelabaran Jalan

By on November 23, 2018 0 203 Views

PEMERINTAH Kabupaten Ponorogo bersungguh-sungguh menangani pariwisata di Telaga Ngebel. Pada 2019 mendatangPemkab Ponorogo berencana memapras beberapa lahan hutan lindung dan tebing milik Perhutani untuk pelebaran jalan di sekitar telaga.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni mengatakan, sempitnya jalan di sekitar lokasi wisata tersbeut adalah masalah yang harus dipecahkan. Infrastruktur jalan yang berada di sekitar telaga dinilai terlalu sempit sehingga kurang menarik minta wisatawan untuk hadir. Ada kesulitan tersendiri saat ada rombongan dengan bus besar atau kendaraan besar lain yang akan memasuk kawasan ini.

“Ngebel itu sudah bagus. Tapi kita punya rencana memperlebar jalan itu. Sudah ada di APBD 2019. Tapi untuk melebarkan jalan itu, kita harus mengajukan izin. Cukup ke gubernur (Jatim) karena luasnya kurang dari 5 hektare,” ungkap Bupati Ipong, Jumat (23/11/2018).

Izin ini diperlukan karena beberapa tebing dan hutan lindung yang akan dijadikan jalan tersebut termasuk lahan milik Perum Perhutani. Selain pengajuan izin, Pemkab juga sudah membentuk panitia atau tim seperti yang diminta seperti pembuatan pertek dan sebagainya.

“Itu upayanya, tapi bisa atau tidak (jalan tersebut diperlebar) kita tunggu persetujuan dari gubernur,” ujar Bupati Ipong.

Persoalan lain adalah beberapa hal yang masih harus dibenahi terkait pengelolaan pariwisata di Telaga Ngebel. Di antaranya adalah sikap pelaku bisnis kuliner yang terkadang memasang harga yang ‘kurang ramah’ wisatawan. Untuk hal ini, ia menyatakan akan meminta dinas terkait untuk bisa melakukan pembinaan agar bisa memberi harga yang patut.

Ada pula persoalan sampah yang ternyata masih sering terlihat berserakan di sekitar lokasi wisata. “Dinas Lingkungan Hidup harus masuk di situ. Kalau sudah bersih, maka saya membayangkan Ngebel itu tempatnya menjadi asri, indah dan rapi,” pungkas Bupati. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *