PONOROGO TANGGAP COVID-19

Jangan panik! Mari bersama lawan COVID-19

Hotline COVID-19 Ponorogo

Instagram Pemkab Ponorogo

Call Center Pemprov Jatim

Chatbot covid19.go.id

Akun chatbot Whatsapp sebagai fasilitas informasi seputar virus corona

Self Check Up COVID-19

Aplikasi berisikan beberapa daftar pertanyaan untuk mengecek kondisi fisik Anda

Hoaks Buster

Cek berita / informasi tentang Covid-19 apakah benar atau hoaks.

TENTANG COVID-19

Apa itu COVID-19?

Pneumonia Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19 adalah penyakit peradangan paru yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Gejala klinis yang muncul beragam, mulai dari seperti gejala flu biasa (batuk, pilek, nyeri tenggorok, nyeri otot, nyeri kepala) sampai yang berkomplikasi berat (pneumonia atau sepsis).

Bagaimana COVID-19 Menular?

Cara penularan COVID-19 ialah melalui kontak dengan droplet saluran napas penderita. Droplet merupakan partikel kecil dari mulut penderita yang mengandung kuman penyakit, yang dihasilkan pada saat batuk, bersin, atau berbicara. Droplet dapat melewati sampai jarak tertentu (biasanya 1 meter). Droplet bisa menempel di pakaian atau benda di sekitar penderita pada saat batuk atau bersin. Namun, partikel droplet cukup besar sehingga tidak akan bertahan atau mengendap di udara dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, orang yang sedang sakit, diwajibkan untuk menggunakan masker untuk mencegah penyebaran droplet.

INSTRUKSI DAN SURAT EDARAN PEMKAB PONOROGO

Instruksi Bupati Ipong Muchlissoni tentang Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Ponorogo. Unduh disini

Surat Edaran Nomor: 45/945/405.03.1/2020. Unduh Disini

Surat Edaran Nomor : 445/960/405.03.1/2020. Unduh Disini

DATA COVID-19 KABUPATEN PONOROGO

24,669

Isolasi Mandiri: 4,719
Lulus Isolasi: 19,950
ODR

330

Isolasi Mandiri: 72
Lulus Isolasi: 258
OTG

454

Isolasi RS: 5
Isolasi Mandiri: 26
Lulus Isolasi: 423
ODP

58

Isolasi RS: 2
Isolasi Mandiri: 15
Lulus Isolasi: 30
Meninggal: 11
PDP

38

Isolasi RS: 13
Sembuh: 23
Meninggal: 2
Konfirmasi

Data Per Senin, 22 Juni 2020 Pukul 20.17 WIB

KRITERIA KASUS COVID-19

ORANG DALAM RESIKO (ODR) / Pelaku Perjalanan

Orang yang TIDAK BERGEJALA tetapi MEMILIKI RIWAYAT PERJALANAN ATAU TINGGAL DI NEGARA/WILAYAH TERJANGKIT pada 14 hari terakhir.

 

ORANG TANPA GEJALA (OTG)

Seseorang yang TIDAK BERGEJALA tetapi melakukan KONTAK ERAT (kontak fisik atau berada dalam ruangan atau berkunjung dalam radius 1 meter) dengan kasus PASIEN DALAM PENGAWASAN (PDP) atau KONFIRMASI dalam 2 hari sebelum kasus timbul gejala dan hingga 14 hari setelah kasus timbul gejala.

Yang termasuk kontak erat adalah:

• Petugas kesehatan yang memeriksa, merawat, mengantar dan membersihkan ruangan di tempat perawatan kasus tanpa menggunakan APD sesuai standar.

• Orang yang berada dalam suatu ruangan yang sama dengan kasus (termasuk tempat kerja, kelas, rumah, acara besar) dalam 2 hari sebelum kasus timbul gejala dan hingga 14 hari setelah kasus timbul gejala.

• Orang yang bepergian bersama (radius 1 meter) dengan segala jenis alat angkut/kendaraan dalam 2 hari sebelum kasus timbul gejala dan hingga 14 hari setelah kasus timbul gejala.

 

ORANG DALAM PEMANTAUAN (ODP)

• Orang yang mengalami demam (≥380C) atau riwayat demam; atau gejala gangguan sistem pernapasan seperti pilek/sakit tenggorokan/batuk, DAN tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan DAN pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah terjangkit.

• Orang yang mengalami gejala gangguan sistem pernapasan seperti pilek/sakit tenggorokan/batuk DAN pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi COVID-19.

 

PASIEN DALAM PENGAWASAN (PDP)

• Orang dengan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yaitu demam (≥38oC) atau riwayat demam; disertai salah satu gejala/tanda penyakit pernapasan seperti: batuk/sesak nafas/sakit tenggorokan/pilek/pneumonia ringan hingga berat DAN tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan DAN pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah terjangkit yang melaporkan transmisi lokal (dapat dilihat melalui situs http://infeksiemerging.kemkes.go.id)

• Orang dengan demam (≥380C) atau riwayat demam atau ISPA DAN pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi COVID-19.

• Orang dengan ISPA berat/pneumonia berat** yang membutuhkan perawatan di rumah sakit DAN tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan.

 

KASUS KONFIRMASI

Pasien yang terinfeksi COVID-19 dengan hasil pemeriksaan tes positif melalui pemeriksaan PCR.

INFOGRAFIS

UPAYA PEMKAB PONOROGO

Data COVID–19 Indonesia | sumber covid19.go.id