Breaking News
  • Home
  • News
  • Destana Ciptakan Masyarakat Tangguh Bencana

Destana Ciptakan Masyarakat Tangguh Bencana

By on December 10, 2018 0 137 Views

Rentetan program pembentukan Desa Tangguh Rawan Bencana (Destana) Kabupaten Ponorogo hari ini, Senin (10/12) di akhir program diadakan Seminar Akhir Pembentukan Desa Tangguh Bencana. Bertempat di Aula Hotel Latiban. Kegiatan destana tersebut dimulai pada bulan Juli 2018 lalu hingga pada hari ini dengan konsep acara yang di kemas dengan seminar akhir, bertujuan untuk mendapatkan koreksi BNPB Pusat agar masyarakat Ponorogo semakin tangguh bencana.

Imam Basori, Kepala BPBD Ponorogo menuturkan Destana ini dibentuk untuk melatih masyarakat yang ada di empat daerah di Ponorogo seperti Banaran, Maguwa, Tugurejo, dan Dayakan yang rawan akan bencana. “Tujuan di bentuknya Desatana agar masyarakat Ponorogo semakin tangguh dan bisa menyelamatkan diri sewaktu ada bencana.” Ungkapnya.

Imam menambahkan untuk seminar hari ini adalah pengumpulan dari program – program Destana yang sudah kita kasihkan sejak Juli silam, dan mereka mengumpulkan dokumen-dokumen yang sudah mereka kumpulkan selama mereka mendapat pengarahan dari kami. “ Kita sudah lakukan 18 kali pertemuan kepada mereka, untuk membentuk Destana. Dan hari ini mereka mengumpulkan semua dokumen dan diseminarkan setelah itu ada koreksi oleh BNPB Pusat dan BPBD Provinsi.”tambahnya.

Imam berharap dengan adanya kegiatan ini, nantinya masyarakat menjadi tangguh dan mampu memulihkan diri setelah bencana yang sudah menimpa daerah meraka, serta mampu mengelola management resiko ketika terjadi bencana dilingkungannya. “Mereka nanti bila terjadi bencana bisa menanggulanginya sendiri, mulai dari peringatan dan evakuasi.” harapnya.

Seminar ini langsung dibuka oleh Wakil Bupati Ponorogo, Soedjarno dan di hadiri oleh BNPB Pusat, BPBD Provinsi, TNI, Polri, serta relawan Destana. Di acara tersebut juga dipamerkan produk UMKM buatan warga Banaran, Pulung, seperti cireng dan kripik pisang aneka rasa yang dikemas menarik. (kominfo/fdl)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *