Breaking News
  • Home
  • News
  • Dinas Peternakan Yakin Target Kelahiran Sapi 2018 Tercapai

Dinas Peternakan Yakin Target Kelahiran Sapi 2018 Tercapai

By on September 4, 2018 0 217 Views

ANGKA kelahiran sapi di Ponorogo selama 2018 ini diperkirakan akan sesuai dengan target yang dipatok pemerintah pusat yang mencapai 23 ribuan sapi baru. Optimisme ini dilihat dari jumlah keberhasilan inseminasi buatan (IB) terkait Upsus Siwab

Pada Upaya Khusus Sapi induk Wajib Bunting (Upsus Siwab), pada 2017 Ponorogo mendapatkan 23.490 strow atau benih sapi untuk IB. Dan sejak April hingga September lalu sebagai kelanjutan Upsus Siwab, jumlah kelahiran bayi sapi telah mencapai 11.650. Selain itu masih cukup banyak sapi betina yang bunting.

“Jadi kalau targetnya 23 ribuan, maka kita yakin hal itu tercapai. Sampai Desember tentu masih aka bertambah lagi,” ungkap Kasi Bina Produksi dan Perbibitan, Bidang Peternakan, Distan Ponorogo Puguh Santoso, Selasa (4/9/2018).

Bila angka ini tercapai, maka akan terjadi peningkatan populasi sapi yang cukup signifikan. Di 2016 dan sebelumnya, kelahiran sapi rata-rata mencapai 20 ribuan.

“Kalau sudah begitu, maka populasi yang meningkat. Itu artinya kita akan lebih banyak sapi yang bisa dikirim ke luar daerah. Biasanya dari Jawa Barat yang sering mengambil dari kita,” ujar Puguh.

Selama ini, kebutuhan daging sapi di Ponorogo telah mampu dicukupi oleh peternak di Ponorogo sendiri. Bahkan sebenarnya Ponorogo telah menjadi salah satu sentra sapi untuk dibeli oleh pedagang dari daerah lain.

“Ya pasti akan lebih banyak,” kata Puguh.

Namun Upsus Siwab yang berlanjut di 2018 ini bukan hanya dimaksudkan untuk meningkatkan populasi sapi. Lebih dari itu, program ini diharapkan menjadi dorongan bagi peternak sapi di Ponorogo agar termotivasi untuk memelihara ternak secara lebih baik. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *