Breaking News
  • Home
  • News
  • Dinkes Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Untuk Sukses ODF 2019

Dinkes Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Untuk Sukses ODF 2019

By on November 27, 2018 0 109 Views

Ada sebuah Pekerjaan Rumah bagi Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo. Pasalnya menurut dari Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo sampai saat ini ada 28.012 Keluarga yang masih Buang Air Besar secara Sembarangan (BABS).

Rahaya Kusdarini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo menjelaskan saat ini masih ada 8,7 persen KK yang ada di Ponorogo belum bisa mengakses jamban sehat. Data kami menyatakan saat ini baru ada 157 desa/kelurahan dari 307 desa/kelurahan yang sudah Open Defecation Free (ODF) kata lainnya terbebebas dari buang air besar yang tidak di jamban.

“Kalau menurut data dari kami yang sudah ODF ada 157 desa/kelurahan di tiga kecamatan meliputi Jetis, Ponorogo, dan Babadan sekitar 51,14 persen. Untuk wilayah yang berpotensi ODF ada 49 desa atau 15,96 persen. Sedangkan yang masih jauh dari ODF ada 75 desa atau 24,43 persen, untuk yang masih sangat jauh ada 26 desa atau 8,47 persen,” ungkapnya setelah acara deklarasi ODF di pendopo Kecamatan Babadan, Selasa (27/11).

Irin sapaan akrab Rahayu Kusdarini, pihaknya terus berupaya untuk mendorong ODF 100 persen di Ponorogo sangat penting. Pihaknya menggandeng seluruh elemen masyarakat untuk diajak mendukung kegiatan-kegiatan yang berujung pada bebasnya wilayah dari masyarakat yang BABS.

“Saya akan terus gencar untuk mengajakan seluruh elemen masyarakat untuk wilayahnya bebas dari masyarakat BABS, karena kotoran manusia mengantung banyak sekali bakteri dan virus yang bisa menyebabkan berbagai penyakit,” jelasnya.

Kami menggandeng seluruh elemen masyarakat mulai dari Pemkab Ponorogo, TNI, Polri, PKK, tokoh agama, tokoh masyarakat untuk mensukseskan ODF.

“Nanti diharapkan di tahun 2019 seluruh wilayah di Ponorogo bisa ODF,” harapnya. (Kominfo/fdl).

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *