Breaking News
  • Home
  • News
  • DINKES Ponorogo Optimis Penderita HIV/AIDS Turun Tahun Ini

DINKES Ponorogo Optimis Penderita HIV/AIDS Turun Tahun Ini

By on November 23, 2018 0 143 Views

Pemerintah Kabupaten Ponorogo melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ponorogo. Hari ini, Jum’at (23/11) memperingati hari AIDS sedunia yang bertempat di lapangan Kodim 0802/Ponorogo. Di acara tersebut Dinkes Ponorogo mengandeng TNI dan Polri, acara tersebut di kemas dengan senam sehat dan cek kesehatan gratis bagi peserta senam.

Rahayu Kusdarini, Kepala Dinkes Ponorogo mengungkapkan acara ini sebenarnya di peringati tanggal 1 Desember setiap tahunnya, dan kali ini kami menggandeng TNI dan Polri dalam peringatan kali ini.

Usai Senam, Wabup, Soejarno Lakukan Cek Kesehatan

“Ya sebernarnya untuk peringatannya tanggal 1 Desember nanti, tapi ini kita peringati sekarang. Dengan digantengnya TNI dan Polri diharapkan dapat mensosialisasikan secara maksimal tentang pentingnya pemeriksaan HIV AIDS secara berkala,’’ ungkapnya.

Irin sapaan akrab Rahayu Kusdarini menjelaskan untuk data penderita HIV diwilayah Kabupaten Ponorogo sendiri memurun dari tahun sebelumnya. Menurut data Dinkes pada tahun 2018 ini sampai bulan Oktober ada 78 penderita. Dan untuk tahun 2017 ada 134 penderita, sedangkan tahun 2016 ada 100 penderita.

“Meski tahun ini masih menyisakan dua bulan lagi, kami tetap optimis penderitanya turun dibanding tahun lalu,” jelasnya.

Irin juga menambahkan selama ini pihaknya berupaya terus untuk selalu mensosialisasikan pemeriksaan. Pihaknya selama tiga tahun ini berupaya maksimal agar bisa memutuskan tali penularan. “Harapnya kedepannya kita tidak menemukan lagi penderita,” imbuhnya.

Untuk sosialisasi yang dilakukan bukan hanya dalam event-event seperti ini, melainkan sosisalisasinya dan pemeriksaannya secara berkala kepada masyarakat Ponorogo. Meskipun pemeriksaan HIV AIDS itu merupakan pemeriksaan sukarela.

“Artinya kita tidak boleh memaksa seseorang harus diperiksa, jadi kita konseling dulu dengan pemahaman begitu, alhamdullah masyarakat dengan sukarela mau diperiksa,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut turut hadir pula Wakil Bupati Ponorogo, Soejarno, Waka Polres Ponorogo, Moh. Roni Mustofa, Dandim 0802/Ponorogo,  Made Sandy Agusto, dan kepala OPD di lingkub Pemkab Ponorogo.(Kominfo/fdl).

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *