Breaking News
  • Home
  • Slider
  • Disdukcapil Kian Berbenah Terhadap Pelayanan

Disdukcapil Kian Berbenah Terhadap Pelayanan

By on July 4, 2018 0 374 Views

Terkait Pendaftaran/pengambilan nomer untuk cetak Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau biasa dikenal dengan E-KTP melalui media sosial Whatsapp di Dinas Kependudukan dan Catatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ponorogo viral di Media Sosial group Facebook.

Salah Netizen dengan nama akun Yanni Anggita menginformasikan terkait pelayanan Disdukcapil yang sudah bisa melalui online, yaitu melalui nomer Whatsapp disdukcapil.

Hal itu memancing respon banyak netizen yang mengomentari postingan Yanni di group Facebook yang ada di Ponorogo.

Postingan tersebut ada yang berkomentar, seperti akun Hermanzz, “Postingan tersebut mendapat beberapa respon dari netizen. Seperti akun Hermanzz, berkomentar “Nek wong tuwek piye arep daftar lewat WhatsApp (Kalau orang tua bagaimana mau daftar lewat WhatsApp)”.

Heroe Purwanto, Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Disdukcapil

Sementara, Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Disdukcapil, Pemkab Ponorogo, Heroe Purwanto, dirinya juga tak menampik adanya viral di media sosial. “Iya memang ada pro kontra dalam setiap kebijakan dan inovasi baru,” katanya kepada ponorogo.go.id, Rabu (4/7).

Inovasi tersebut (pendaftaran memalui whatsapp) awal mula terciptanya karena timbul rasa keprihatinan. Karena banyaknya masyarakat Ponorogo yang datang ke Disdukcapil semenjak subuh hanya untuk mengambil nomer antrian saja. Kan kasihan juga. Makanya kami buka inovasi mendaftar nomor layanan whatsapp ke 081234316154. Biar mendapat nomor antrian dan sesuai jam. “Jadi tidak ada penumpukan dan antrian lagi semenjak subuh,” jelasnya.

Heroe juga menerangkan untuk pelayanan sendiri disdukcapil melayani 300 orang perharinya dengan rincian 200 orang daftar via Whatsapp dan 100 nya datang mandiri ke kantor, “lambat laun nanti akan bergeser ke online,” terangnya.

Untuk terkait pendaftaran yang tidak memiliki whatsapp, disdukcapil menyarankan untuk ke UPT yang ada di Kecamatan dan Nantinya akan di limpahkan ke kita, “untuk orang tua bisa ke UPT atau bisa mendaftar melalui Whatsapp milik kerabat, tetangga. Dan nantinya balasan tersebut di serahkan ke petugas untuk di tukar nomer antriannya,” pungkasnya. (Kominfo/fdl)

            

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *