Breaking News
  • Home
  • News
  • Dishub Segera Meterisasi PJU Demi Efisiensi

Dishub Segera Meterisasi PJU Demi Efisiensi

By on November 5, 2018 0 126 Views

EFISIENSI berbagia pengeluaran menjadi salah satu titik tekan sehatnya APBD. Hal ini salah satunya dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ponorogo dengan cara melakukan meterisasi penerangan jalan umum (PJU).

Kepala Dinas Perhubungan Kab. Ponorogo Djunaedi

Kepala Dishub Ponorogo Djunaedi mengatakan, pada 2018 ini pihaknya mulai melakukan survei untuk pemasangan meter pada PJU-PJU di Ponorogo. Dengan anggaran sebesar Rp200 juta, akan ada 13 kecamatan yang disurvei untuk meterisasi PJU ini. Dishub telah melakukan MoU dengan PLN sebagai mitra untuk survei ini.

“Ini amanat para anggota DPRD yang melajukan studi banding di daerah lain dan melihat PJU yang dimeterisasi bisa lebih efisien. Meterisasi ini direspons positif bupati dan sekarang kita laksanakan. Tentunya diawali dengan survei agar titiknya tepat dan efisiensi tercapai,” ungkap Djunaedi, Senin (5/11/2018).

Djunaedi memperkirakan, akan terjadi efisiensi dari sisi pembayaran tagihan listrik sekitar 30 persen dibanding dengan model taksasi. Hal ini karena pembayaran akan didasarkan pada pemakaian secara riil atau nyata pada masing-masing titik.

Sejumlah PJU di Ponorogo akan dipasangi meter listrik untuk meningkatkan efisiensi anggaran yang dikeluarkan Pemkab Ponorogo.

Meterisasi ini sudah dicoba di 11 titik di Kecamatan Babadan. Namun baru Desember mendatang baru akan terlihat besarnya ongkos yang muncul. “Kan baru dipasang Oktober, maka tagihan muncul di Desember,” ujar Djunaedi.

Ada pula sembilan titik traffic light yang juga akan dimeterisasi. Titik-titik ini biasanya menghasilkan tagihan hingga Rp27 juta tiap bulannya. “Kami yakin akan lebih sedikit nanti tagihannya,” ujarnya.

Untuk tahun 2018 ini survei akan diselesaikan untuk ke-13 kecamatan. Hal ini meliputi 11 PJU dan 9 traffic light. Total ada 20 titik yang akan diubah menjadi sistem meterisasi dalam penghitungan penggunaan energinya. (kominfo/dist

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *