Breaking News
  • Home
  • Slider
  • Ekonomi Warga Banaran Kembali Normal Pasca Bencana Longsor 1 Tahun Silam

Ekonomi Warga Banaran Kembali Normal Pasca Bencana Longsor 1 Tahun Silam

By on April 1, 2018 0 198 Views

Sektor C Longsor Banaran 2017

Hari ini 1 April 2018, Tepat satu tahun pasca terjadinya longsor di Desa Banaran Kecamatan Pulung Ponorogo 1 April 2017. Bencana tanah longsor tersebut menelan korban 28 Jiwa. Pasca bencana longsor selama 1 tahun ini kehidupan masyarakat desa Banaran sudah kembali pulih.

Ungkap Suparnin salah satu korban bencana tanah longsor kepada ponorogo.go.id mengungkapkan, AlhamdulIlah untuk setahun ini perekonomian kami sudah mulai pulih sedikit demi sedikit, “kegiatan sehari-harinya sudah normal lagi seperti dahulu sebelum terjadinya longsoran, ini juga masih adaptasi di tempat yang baru”, ungkapnya, Minggu (1/4).

Sarnu, Kepala Desa Banaran mengungkapkan terkait bencana tanah longsor 1 tahun silam di desa setempat. “Dirinya beserta perangkat Desa Banaran membangun monumen yang berukuran 4×3 meter persegi dan di dalamnya ada prasasti nama – nama korban yang meninggal akibat bencana longsor tersebut”,ungkapnya.

Sarnu menambahkan untuk kondisi masyarakat sudah mulai kondusif, ekonomi warga sudah mapan serta psikologis korban juga sudah normal. “Akan tetapi bila hujan deras warga tetap lebih waspada”,imbuhnya

Untuk mengantisipasi terhadap terjadi bencana yang terjadi di Desa tersebut Sarnu mengungkapkan, warganya sudah dibekali pelatihan kebencanaan. Selain itu juga sudah dibentuk (Desa Tangguh Bencana) Desatana. “Sekarang kesadaran warga tentang kebencanaan sudah meningkat, dan sekarang warga juga peduli terhadap keseimbangan alam serta menyadari pentingnya penghijauan”, ujarnya. (kominfo/fdl)