Breaking News
  • Home
  • Umum
  • Fenomena Alam Letupan Belerang Naik, Ribuan Ikan dan udang Mendadak Mati 

Fenomena Alam Letupan Belerang Naik, Ribuan Ikan dan udang Mendadak Mati 

By on July 10, 2018 0 316 Views

Telaga Ngebel beberapa hari ini mengeluarkan letupan belarang yang berasal dari bawah telaga hingga ke permukaan. Hal ini mempengaruhi kelangsungan hidup ribuan ikan maupun udang di Telaga Ngebel.

Suseno, Camat Ngebel, mengungkapkan untuk meletupnya belerang ini dimulai pada Jum’at(6/7) kemarin, ikan dalam keramba warga pun banyak yang bergelimpungan dan muncul ke permukaan. “Kejadian ini terjadi Jum’at kemarin sampai saat ini masih berlangsung, ya kejadian ini biasanya berlangsung seminggu,” ungkapnya, Selasa, (10/7).

Kejadian seperti ini kata Suseno merupakan hal yang biasa terjadi. Tahun sebelumnya terjadi hingga dua kali. “Untuk tahun 2018 ini ya baru sekarang ini terjadi, kalau tahun sebelumnya bisa sampai dua hingga tiga kali dalam setahun,” terangnya.

Atas fenomena tersebut bukannya Telaga Ngebel mengalami kemrosotan jumlah pengunjung, tapi malah menarik minat pengunjung untuk melihat fenomena alam tersebut.

Sapto Jatmiko, Plt Dinas Pariwisata

Hal itu di terangkang oleh Plt Dinas Pariwisata, Sapto Djatmiko, fenomena belerang ini tidak berpengaruh minat pengunjung telaga. “Gak ada pengaruh. Tapi sebaiknya bagi pemilik resto sebaiknya menyiapkan stok ikan dari luar saja,” pungkasnya.

Aida, Kabid Perikanan

Sementara itu ungkap Aida Fitriana Miyasari Kepala Bidang Perikanan, Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Ponorogo, menjelaskan untuk di waktu tertentu seperti bulan Februari/Juli hingga Agustus pasti terjadi fenomena alam telaga ngebel mengeluarkan belerang, hal itu sudah diantisipasi oleh pembudidaya ikan yang berada di Telaga Ngebel. “Jadi untuk kerugian akibat fenomena tersebut (belerang naik), para pembudidaya ikan tidak mengalami kerugian yang sangat signifikan karena sudah belajar dari pengalaman tahun yang lalu,” pungkasnya. (Kominfo/fdl)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *