Breaking News
  • Home
  • News
  • FGD Dinas Kominfo Jatim bersama Komunitas Online Ponorogo

FGD Dinas Kominfo Jatim bersama Komunitas Online Ponorogo

By on July 15, 2018 0 457 Views

Bertempat di Kantor Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Ponorogo, berlangsung acara Focus Group Discussion (FGD) antara Kominfo Provinsi Jawa Timur dengan komunitas online yang berada di Kabupaten Ponorogo, Minggu, (15/7).

Dalam acara tersebut hadir langsung Kepala Dinas Kominfo Jawa Timur Ir. Eddy Santoso, MM., beserta Kepala Bidang dan staff. Turut hadir kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Ponorogo yang diwakili oleh Ir. Wahyu Paripurnawan, M.M selaku Sekretaris Dinas, sementara itu peserta FGD dari beberapa komunitas online yang ada di Ponorogo, mulai komunitas Blogger, Facebook, Instagram, KIM dan juga beberapa komunitas online lainnya.

Forum seperti ini sangat dinanti oleh komunitas online yang berada di Ponorogo, hal ini dibuktikan dengan sangat antusiasnya peserta FGD. Mulai dari banyaknya pertanyaan, masukan juga harapan untuk membangun dan memperkenalkan Ponorogo dari dunia maya.

Para Peserta FGD dari komitas Online Ponorogo

O’eng perwakilan dari komunitas Facebook ICWP menyampaikan salah satu permasalahan serius yang ada di Ponorogo, khususnya Facebook, yaitu banyaknya grup-grup facebook yang bermunculan di Ponorogo yang di salah gunakan untuk menyebar ujaran kebencian, SARA dan pornografi. Untuk itu O’eng meminta Dinas Kominfo Ponorogo dan juga Kominfo Jatim untuk membantu men-take down grup-grup tersebut.

Sementara itu Eddy Santoso selaku Kadin Kominfo Jatim menegaskan, akan membantu untuk meneruskan laporan terkait permasalahan tersebut dengan meneruskan laporan ke Kementerian Kominfo. “Silahkan kumpulkan bukti-bukti dan membuat laporan, nanti akan kami teruskan ke Kementerian Kominfo untuk ditindak lanjuti” tegas Kadin Kominfo Jatim.

Suasana FGD Dinas Kominfo Jatim Bersama Komunitas Online Ponorogo

Lain halnya dengan Yuda, perwakilan dari Komunitas Blogger Ponorogo. Ia mengutarakan masukan kepada Dinas Kominfo Ponorogo agar mewadahi dan mensinergikan komunitas-komunitas online yang ada di Ponorogo. Dengan harapan nantinya Pemkab Ponorogo serta komunitas online bisa bersama-sama memajukan Kota Ponorogo.

Lanjut Fatra dari komunitas Igers Ponorogo, acara seperti ini seharusnya diadakan rutin sebagai ajang silaturahmi penggiat online yang ada di Ponorogo, “acara seperti ini seharusnya diadakan rutin, karena ini bisa menjadi ajang silahturahmi, menciptakan dunia kreatif dan wawasan menggunakan internet sehat bagi masyarakat melalui komunitasnya.  imbuh Fatra.

Sebelum acara ditutup, Kadin kominfo Jatim mengungkapkan, di era baru seperti sekarang ini, terobosan – terobosan baru harus kita pikirkan, sinergitas pemerintah bersama komunitas-komunitas online harus ditingkatkan tidak hanya untuk memajukan Ponorogo tapi juga Jawa Timur.” pungkasnya. (Kominfo/fdl)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *