Breaking News
  • Home
  • News
  • Hanya 26,4 Persen Bacaleg Yang Sudah Memenuhi Syarat

Hanya 26,4 Persen Bacaleg Yang Sudah Memenuhi Syarat

By on July 23, 2018 0 218 Views

VERIFIKASI atau pemeriksaan oleh KPU Ponorogo terhadap berkas para bakal calon anggota legislatif yang akan bersaing di Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2019 menyebut hanya seperempat atau 26,4 persen saja bacaleg yang memenuhi syarat.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ponorogo Ikhwanudin Alfianto mengatakan, sampai batas akhir pendaftaran pada 17 Juli lalu, terdapat 453 orang bacaleg yang berkasnya didaftarkan oleh 15 partai politik. Dari jumlah ini, setelah diverifikasi baru 120 orang yang bekasnya lengkap dan memenuhi syarat.

“Yang 313 lainnya belum memenuhi syarat. Ada kekurangan berkas yang harus dilengkapi atau diperbaiki,” jelas Ikhwanudin, Senin (23/7/2018) saat ditemui di kantornya.

Bacalag bisa melengkapi jika berkasnya belum ada. Misalnya belum melampirkan fotokopi KTP atau syarat lain. Sehingga berkas itu dilengkapi di msa perbaikan.

Sedangkan bacaleg harus memperbaiki jika syarat administratifnya belum sah. “Misal ijazah. Yang diminta adalah fotokopi ijazah yang dilegalisir, tapi yang diserahkan ternyata hanya fotokopi saja, belum dilegaliasir, maka harus diperbaiki dengan menyerahlan fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir,” urai Ikhwanudin.

Masa perbaikan diberikan pada 22 Juli sampai 31 Juli mendatang. “Ada waktu 10 hari bagi parpol agar bacalegnya melengkapi atau memperbaiki berkasnya,” kata Ikhwanudin sambil menyebut, kekurangan terbanyak adalah pada foto, ijazah, KTP, SKCK dan surat keterangan dari pengadilan.

Disebutkannya pula, kali ini terdapat delapan orang bacaleg yang merupakan mantan napi, satu orang anggota TNI aktif yang baru saja melakukan pengunduran diri dan sejumlah perangkat desa. KPU Ponorogo tidak menemukan adanya PNS atau ASN serta anggota polisi aktif yang menjadi bacaleg. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *