Jenang Jagung Manis Menyehatkan

Jenang Jagung Manis Menyehatkan

Jenang Jagung Manis Menyehatkan

Comments Off on Jenang Jagung Manis Menyehatkan

PONOROGO -Jenang Jagung merupakan sebuah makanan yang terbuat dari Jagung. Nama jagung tentu sudah tidak asing bagi telinga kita. Jagung memang pernah menjadi bahan makan pokok. Yang dari buahnya bisa diolah menjadi nasi. Nasi jagung demikian namanya. Maka tidak heran tumbuhan jagung menjadi populer bagi masyarakat kita. Tidak hanya Ponorogo tapi juga di negari kita.

Jagung selain populer di masyarakat, juga memiliki kandungan yang berkhasiat dan menyehatkan. Diantaranya adalah ; Jagung yang mampu memiliki rasa manis karena gloukosa alami sangat ramah dan tidak berbahaya bagi penderita diabetes, jagung juga sangat baik bagi penderita kolesterol karena karbohidratnya yang tinggi.

Tak kalah penting Jagung juga memiliki vitamin yang lengkap untuk mereka yang memiliki penyakit jantung. Selain itu vitamin A, yang ada pada jagung mampu menjaga kesehatan mata.
Sedangkan bagi ibu hamil baik pula mengonsumsi jagung untuk kesehatan janin. Jagung pun tidak berbahaya bagi wasir bahkan mampu membantu mengobati wasir.

Sebetulnya masih banyak kandungan dan khasiat dari jagung. Maka tepat kita membuat olahan jagung yang tidak merusak kandungan khasiatnya juga tidak mengusir rasa manis yang khas pada hasil olahan berbahan jagung. Mengingat, Ponorogo banyak petani yang menanam jagung.

Salah satu olahan yang tepat bagi lidah orang Ponorogo adalah jenang Jagung. Sebab di beberapa warung di Ponorogo, seperti di Sekar Putih, Jl. Anggrek Jenang Jagung ludes disikat para penggemar.
Selain alami, makanan satu ini memang tepat bagi penggemar jagung. Rasa tidak berubah.

Bahan-bahan untuk membuat Jenang Jagung:
Jagung manis 4-5 buah, Agar-agar putih, 1 bks Santan 800 ml, Vanili ½ sdt, Gula pasir 250 gr, Garam secukupnyaMaizena secukupnya

Cara Membuatnya:
Kupas kulit jagung dan bersihkan dari bulu-bulunya. Kemudian pipil dan bleder sampai halus.Campurkan agar-gar dengan santan. kumpulkan semua bahan dalam satu wadah lalu masak sampai mengental.Setelah itu, cetak sesuai selera. Dinginkan lalu potong-potong dan kemas dengan menggunakan kulit jagung muda. (Kominfo/Jgo)

About the author:

Alamat

themecircle

Tentang Ponorogo

Back to Top