Breaking News
  • Home
  • News
  • Jumlah PNS Pensiun Tak Tertutupi PNS Hasil Seleksi

Jumlah PNS Pensiun Tak Tertutupi PNS Hasil Seleksi

By on November 2, 2018 0 1428 Views

SELEKSI Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) belum bisa menutupi jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang pensiun. Sebab jumlah formasi yang ada masih lebih sedikit daripada jumlah pegawai yang memasuki usia pensiun tiap tahunnya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pelatihan Pelatihan Daerah (BKPPD) Ponorogo Winarko Arief mengatakan, setiap daerah memang boleh mengusulkan formasi CPNS namun jumlahnya tidak boleh melebihi jumlah PNS yang pensiun. Seperti pada tahun ini, jumlah formasi yang diajukan Ponorogo akhirnya hanya disetujui 356.

“Yang diajukan tidak boleh lebih dari yang pensiun setiap tahunnya. Nah, di Ponorogo ini PNS yang pensiun tahun ini ada 442 orang. Karena itulah yang setujui ada 356 formasi,” ungkap Winarko, Jumat (2/11/2018).

Dikatakannya, pemerintah sendiri memang berkomitmen agar tidak ada pertumbuhan untuk jumlah PNS di seluruh Indonesia. Atau disebut zero growth.

“Bahkan bila perlu minus growth,” imbuh Winarko.

Apalagi pada Seleksi CPNS 2018 Ponorogo kali ini, jumlah CPNS yang diterima bakal lebih sedikit daripada formasi yang ditawarkan. Sebab sampai batas akhir pendaftaran dan unggah berkas, hanya 340 formasi yang ada pendaftarnya. Ada 16 posisi kosong tanpa pelamar. Jumlah ini masih mungkin bertambah karena dalam tahap berikutnya harus ada kecukupan jumlah peserta tes.

Kekurangan PNS untuk posisi guru lebih sulit lagi diisi dengan kebijakan zero growth ini. “Sebab dunia pendidikan masih membutuhkan banyak sekali tenaga guru. Karenanya, saat ini masih sekitar separuh saja guru di Ponorogo yang merupakan guru PNS,” ungkapnya.

Kebutuhan guru akhirnya ditutupi dengan guru dengan status guru tidak tetap. Di Ponorogo, saat ini jumlah GTT tersebut mencapai sekitar 2 ribuan orang.

“Tentu saja penerimaan PNS tidak mencukupi. Maka ke depan kejelasan adanya Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K) itu jadi penting,” pungkasnya. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *