Breaking News
  • Home
  • News
  • KaDinkes : Cacing Makarel Tidak Begitu Berbahaya

KaDinkes : Cacing Makarel Tidak Begitu Berbahaya

By on April 5, 2018 0 256 Views

Rahayu Kusdarini, Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo

Terkait sidak yang di lakukan UPT Perlindungan Konsumen UPTPK Kediri kemarin, Rabu (4/4) didua retail yang berada di Ponorogo, temukannya 84 kaleng ikan makarel.

Rahayu Kusdarini, Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo saat di konfirmasi terkait cacing yang ada di dalam ikan makarel dan efek bila mengonsumsi menjelaskan, cacing yang tedapat di dalam ikan makarel itu adalah Cacing Anisakis. Kandungan cacing yang ada dalam makanan kemasan tetap saja tidak dibenarkan dari sudut pandang kesehatan. Sekalipun dalam teorinya, parasit tersebut sudah mati ketika proses pengemasan dilakukan. “Proses pengalengan sendiri itu sudah dilakukan dengan suhu 120°, belum lagi ketika ikan kaleng dikonsumsi juga dimasak lbh dulu, ungkapnya, Kamis(4/4).

Namun, tetap saja adanya kandungan cacing dalam makanan kemasan siap saji itu tidak baik karena termasuk salah satu bentuk cemaran. Menurutnya jika memang produknya adalah ikan dalam kemasan kaleng, seharusnya tidak ada yang lain kecuali ikan tersebut. Saat ini kabar mengenai adanya kandungan cacing dalam ikan kemasan kaleng itu memang sudah menyebar luas ke masyarakat. Namun, pihaknya meminta agar masyarakat tidak terlalu heboh menanggapinya. ‘’Karena sebenarnya itu tidak terlalu berbahaya jika dikonsumsi,’’ terangnya.

Di lain itu kemungkinan reaksi yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi ikan dalam kemasan kaleng bercacing itu hanya alergi ringan. Bisa membuat kulit menjadi gatal-gatal sehingga muncul warna kemerahan. Di samping itu, selama ini pihaknya juga belum pernah mendapatkan laporan atau keluhan dari masyarakat mengenai akibat yang ditimbulkan dari mengkonsumsi ikan kemasan kaleng tersebut. ‘’Tidak begitu berbahaya, tapi tetap saja masyarakat diimbau agar tidak mengkonsumsi produk yang diduga mengandung cacing parasit tersebut,’’ pesannya. (kominfo/fdl)

  News