Kawula Surakarta Dapat Pangkat Dan Gelar Keraton

Kawula Surakarta Dapat Pangkat Dan Gelar Keraton

Kawula Surakarta Dapat Pangkat Dan Gelar Keraton

Comments Off on Kawula Surakarta Dapat Pangkat Dan Gelar Keraton

Kawula Surakarta sejumlah 82 yang ada di Kabupaten Ponorogo, terhimpun dalam Pakasa (Paguyuban Kawula Surakarta) Mendapatkan ganjaran pangkat dan gelar kraton.

“Pangkat yang diberikan kali ini, ada beberapa golongan. Diantaranya, Adipati Sepuh, Adipati Anom dan Panewu,” demikan penuturan Pangarsa 1  Pakasa Gebang Tinatar Ponorogo, disela acara Winisudan, Sabtu, 4 Maret 2017, di Pendapa Agung Kabupaten Ponorogo.

Pangkat tersebut diberikan, dengan harapan yang bersangkutan semakin mampu meningkatkan keikut sertaan dalam melestarikan budaya Jawa, di Kabupaten Ponorogo.

Sementara itu, Pangarsa Sasana Wilapa, Keraton Surakarta, Dra. GRAy. Wandhan Sari, M.Pd, dalam sambutannya mengharapkan para Kawula Surakarta, tetap menjaga agar kebudayaan Jawa tetap ngrembaka, tidak kalah dengan Kebudayaan manca yang terus masuk dan mendesak keberadaan kebudayaan daerah.

Selain itu, Gusti Wandhan Sari juga mengingatkan, bahwa keberadaan Keraton sudah ada sejak sebelum Kemerdekaan. Dan pula, Keraton mendukung berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Keraton Surakarta Hadiningrat, Sinuwun Paku Buwana , menyatakan turut bergabung dalam Negara. Sehingga pada waktu negara ini berdiri, Keraton Surakarta dengan Sinuwun saat itu menjadi Pemangku adat,” demikian penjelasan Gusti Raden Ayu Wandhan Sari.
Setelah memberikan Sambutan, GRAy Wandhan Sari dari Pangarsa Sasana Wilapa Keraton Surakarto memberikan Kekancingan kepada beberapa Kawula Surakarta.

Nampak dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pariwisata, dr.h. H. Sapta Jatmiko, MM mendapatkan gelar penghargaan dengan Pangkat Adipati Sepuh, dengan gelar  Kanjeng Raden Pangeran Harya (KRPH).

Menurut Sapta Jatmiko disela sela acara, menyatakan bahwa dirinya, mengucapkan terima kasih, kepada panitia Pakasa Gebang Tinatar Ponorogo, dan pihak Keraton Kasunanan Surakarta, yang telah memberikan gelar keangkatan terhadap dirinya.

“Dengan gelar, ini semoga menjadi motivasi diri untuk tetap turut mengembangkan budaya Jawa,” ungkap Sapto Jatmiko.
Acara yang berlangsung penuh dengan nuansa Jawa tersebut, ditutup dengan Sambutan dari Bupati Ponorogo, sebagai Pengayom Pakasa yang diwakili oleh Wakil Bupati Ponorogo, Drs. H. Sujarno, MM.

Dalam kesempatan tersebut, Sujarno berharap pada para anggota Keluarga Besar Pakasa, terus meningkatkan upaya untuk melestarikan kebudayaan Jawa, khususnya di Kabupaten Ponorogo. (kominfo)

About the author:

Alamat

themecircle

Tentang Ponorogo

Back to Top