Breaking News
  • Home
  • Slider
  • Keseruan Festival Getuk Golan, ada 1000 Getuk Dibagikan Gratis

Keseruan Festival Getuk Golan, ada 1000 Getuk Dibagikan Gratis

By on March 25, 2018 0 319 Views

Tumpeng getuk golan

Hari ini Minggu(25/3) terlihat berbeda di Desa Golan, Kecamatan Sukorejo. Pasalnya Ratusan warga dari Desa Golan maupun dari Desa – desa tetangga datang dan memadati ruas jalan Desa.

Tampak berbeda terlihat di kerumunan masyarakat yang memadati ruas jalan desa. Ternyata setelah diamati ada 4 orang warga desa Golan yang membawa tumpeng yang berasal dari getuk sejenis olahan makanan yang berasal dari ketela. Pasalnya, Desa Golan sendiri dikenal oleh masyarakat Ponorogo maupun luar Ponorogo sebagai Desa sentra getuk, dan mayoritas masyarakat Desa Golan berprofesi sebagai penjual getuk.

Wishnu HP penggiat seni Ponorogo mengungkapkan kepada ponorogo.go.id, ini adalah event pertama kalinya yang diadakan oleh masyarakat Desa Golan, “event Golan Festival ini merupakan cara pemuda Desa Golan mengoptimalkan potensi desa dalam hal ini adalah gethuk,” ungkapnya.

Imbuh Wishnu yang menarik dalam Golan Festival ini masyarakat Ponorogo maupun luar Ponorogo diajakan makan bersama 1000 getuk gratis yang disediakan pada festival ini. Selain makan 1000 getuk gratis panitia juga mengadakan hiburan pertunjukkan reyog. Event ini oleh para pemuda Desa Golan dengan melakukan promosi memanfaatkan Media Sosial yang mereka punya, dan ini dapat menarik teman-teman luar daerah untuk datang melihat Festival Desa Golan. “Mereka penasaran dan ingin mencicipi getuk yang langsung dari sentranya itu seperti apa,” jelas Wishnu.

Wishnu berharap dengan adanya Festival Desa Golan ini, bisa untuk mendorong ekonomi kreatif warga Golan, dan sebagai perkenalan getuk Golan dengan industri getuk sekaligus. “Dengan event ini Gethuk Golan bisa dinikmati setiap hari oleh masyarakat tanpa menunggu event,” tegas Wishnu.

Sementara itu, Kepala Desa Golan, Sujari menambahkan festival Golan ini berasal dari tim Bumdes di Desa Golan.

Ungkap Sujari acara festival Golan ini berharapkan bisa mengangkat UKM yang berada di Desa Golan, “bukan hanya getuk tapi juga potensi yang lain. Ada grontol, jongkong, sate ayam dan rujak petis,” ungkap Sujari. (kominfo/fdl)