Breaking News
  • Home
  • News
  • KIM, Bagian Penting Komunikasi Warga

KIM, Bagian Penting Komunikasi Warga

By on August 21, 2018 0 236 Views

PEMBINAAN terhadap KIM atau Kelompok Informasi Masyarakat di desa-desa di Ponorogo akan menjadi perhatian lebih bagi Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfo) Kabupaten Ponorogo. Lembaga ini dipandang memiliki peranan penting dalam arus informasi masyarakat di tingkat desa.

Kepala Diskominfo Kabupaten Ponorogo Najib Susilo mengatakan, saat ini KIM yang mulai terbentuk di desa-desa di Ponorogo menjadi salah satu tiang utama dalam membangun komunikasi dan informasi di tengah masyarakat. KIM bisa berfungsi sebagai jembatan informasi dari dan ke desa secara lebih baik.

“KIM bisa memberikan informasi dari luar desa ke warga desa sehingga desa menjadi tidak terbelakang. Lalu, apa yang dilakukan masyarakat desa bisa dikabarkan sampai ke daerah lain, bahkan di seluruh dunia sekalipun melalui internet yang dikelola KIM. Hal ini bisa memberikan jalan bagi usaha, pertanian atau aktifitas apapun dengan ada nilai tambah yang lebih bagi warga desa,” urai Najib Susilo, Selasa (21/8/2018) di kantornya.

Dilanjutkannya, saat ini sebenarnya tantangan KIM bukan hanya soal cara memperoleh informasi. Di era milenial dengan tren teknologi digital serta internet yang semakin maju, maka KIM dituntut mampu memberikan informasi yang positif yang dibutuhkan oleh warganya. Juga menangkal hoax.

Sekretaris Diskominfo Jatim, Ayu Mustika Dewi beberapa waktu lalu di Surabaya mengatakan, teknologi terkini ini sudah menjadi gaya hidup semua orang dari semua lapiran umur.

“Namun hal ini membawa dampak positif dan tidak sedikit pula dampak negatif. Maka perlu upaya agar dampak kemajuan teknologi ini tidak mengakibatkan dampak buruk. KIM adalah salah satu lembaga yang bisa diandalkan untuk itu. Agen informasi yang pas untuk masyarakat dan memberikan nilai tambah dari segi ekonomi,” ungkap Ayu Mustika Dewi.

KIM yang merupakan lembaga komunikasi sosial yang diselenggarakan oleh, dari dan untuk masyarakat. Karena itu, KIM yang memiliki kompetensi dan kognisi yang baik merupakan kebutuhan untuk menangkal dampak negatif era digital ini. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *