Breaking News
  • Home
  • Umum
  • Kiprah Jathil Lanang Di Pelosok Desa

Kiprah Jathil Lanang Di Pelosok Desa

By on January 30, 2018 0 24 Views

Andi Pranata Jathil Lanang dari Bedingin

Disalah satu Desa di Ponorogo mempunyai sosok Pemuda Hebat yang peduli atas Kesenian dan kemajuan Desanya melalui keseniannya, ia bernama Andi Pranata (23 tahun) tinggal di Desa Bedingin, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo. Ia juga merupakan mahasiswa aktif di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Di samping statusya mahasiswa aktif ia juga memiliki aktifitas lain sebagai petani, disela-sela wawancara kami ia mengungkapkan “urip e nan ndeso mas kerjo ya nan sawah (hidup di Desa ya kerjanya di sawah)” sambil ketawa kecil. Di samping dua aktifitas diatas ia juga ternyata ia memiliki sanggar seni “Kambangrejo” yang ia kelola dengan Karang Taruna Dusun Kambangrejo.

Kegiatan di Sanggar Kambangrejo Desa Beringin

Sanggar Seni ini merupakan salah satu rintisan dari Andi Pranata, melalui sanggar tari ini Andi Pranata berharap dapat menumbuhkan bakat dan minat masyarakat pemuda khususnya dalam berkesenian. Sanggar Tari ini ternyata sudah di percaya oleh masyarakat Desa Bedingin dengan dibuktikan sudah memiliki anggota 85 orang yang aktif dari mulai anak – anak hingga usia lanjut. Sanggar Seni ini aktif di bidang Ketoprak, Reyog, Tari Kontemporer, Karawitan, Geguritan, Mocopat, dan Wayang.

Andi Pranata juga di kenal sebagai Jathil Lanang yang saat ini sudah sangat langka. Ia mengaku kepada kami “Kalau bukan saya sebagai pemuda, siapa lagi mas yang bakal melestarikan kebudayaan kita ini” dengan nada yang agak lantang. Ia sudah menari Jathil Lanang ini sejak 5 tahun yang lalu, banyak suka duka dalam menari jathil ini yang ia ungkapkan kepada kami salah satunya banyak masyarakat yang masih menganggap penari jathil lanang itu banci. Hal seperti itu tidak mematahakan semangat Andi Pranata dalam melestarikan kesenian jathil lanang tersebut.

Andi Pranata saat pentas Tari Jathil

Sekarang ini Andi Pranata bersama masyarakat Desa Bedingin sedang meyiapkan event Bedingin Bungah yang ke 4. Bedingin Bungah adalah salah satu event yang di gagas oleh Andi Pranata dan teman-teman yang peduli terhadap pariwisata Desa. Event tersebut adalah usaha masyarakat Bedingin untuk menghidupkan kembali Tradisi Kenduri Besar yang sudah hilang.

Andi Pranata berpesan kepada para generasi muda “Jangan melupakan Sejarah Akan Budaya”. Ia juga mengungkapkan untuk tau lengkap tentang Desa Bedingin masyarakat bisa mengakses di website pemerintah Desa www.desabedingin.com.(kominfo/fdl)

  Umum