Breaking News
  • Home
  • News
  • Kominfo Ponorogo Getol Berlatih Pakai SiMaya

Kominfo Ponorogo Getol Berlatih Pakai SiMaya

By on November 6, 2018 0 212 Views

BERKANTOR di dunia maya bagi pemerintah bukan lagi angan-angan. Selangkah demi selangkah, upaya menuju sistem ini terus dilaksanakan. Salah satunya dengan berakrab-akrab dengan SiMaya.

SiMaya merupakan sistem perkantoran berbasis awan atau cloud. Kepanjangannya adalah Sistem Administrasi Perkantoran Maya. Dan, mulai November ini, Dinas Komunikasi, Informastika dan Statistik (Diskominfo) Kabupaten Ponorogo mulai ‘menggunakan’ aplikasi ini dalam administrasinya. Surat masuk, surat-surat intern dan surat keluar di instansi ini nantinya akan menggunakan SiMaya. Disposisi, persetujuan, pemberitahuan dan pengumuman juga bisa memakai SiMaya.

Para karyawan Diskominfo Ponorogo saat berlatih menggunakan SiMaya, Senin (5/11/2018).

“Semua yang berhubungan dengan pekerjaan kantor bisa dengan aplikasi ini. Saat ini kita masih berlatih dan menggunakan model demonya. Setelah lancar, kita akan pakai sistem yang sesungguhnya yang disediakan oleh Kementerian Kominfo,” ungkap Kabid Penyelenggaraan e-Government Diskominfo Kabupaten Ponorogo Wiwik Dyah Pratiwi, Selasa (6/11/2018).

Diterangkannya, SiMaya ini tidak berbeda dengan aplikasi e-office lain. Bedanya, SiMaya disediakan oleh pemerintah secara cuma-cuma. Bila seluruh lembaga pemerintah telah menggunakan aplikasi ini, maka komunikasi administras perkantoran akan lebih mudah.

“Harapannya tentu ada efisiensi dan penghematan,” ungkapnya.

Efisiensi waktu karena borderless atua tidak terbatas waktu. Selama gadget mendukung dan jaringan internet memungkinkan maka pekerjaan kantor yang terkait administrasi bisa dinteraksikan dengan baik Juga hemat karena akan menekan penggunaan kertas alias paperless.

Para karyawan Diskominfo Ponorogo saat berlatih menggunakan SiMaya, Senin (5/11/2018).

“Harapannya, kita akan semakin tertib administrasi karena tanpa kertas atau surat secara fisik maka surat yang hilang itu akan semakin sedikit bahkan tidak ada. Tidak ada yang ketlisut,” ungkapnya.

Wiwik yakin tidak butuh waktu lama bagi para pegawai di jajaran Diskominfo Ponorogo untuk menguasai dan bisa menggunakan SiMaya. Mungkin, hanya perlu waktu berlatih sekitar satu hingga dua bulan saja.

“Setelah kawan-kawan di intern Diskominfo lancar dan mantap dengan SiMaya, maka akan ditularkan ke seluruh SKPD di Pemkab Ponorogo. Harapannya semua juga bisa efektif dan efisien dalam menyelengarakan administrasi perkantorannya,” pungkas Wiwik. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *