Breaking News
  • Home
  • News
  • KPU Lakukan Sosialisasi dan Pendidikan pada Pemilih Disabilitas Mental

KPU Lakukan Sosialisasi dan Pendidikan pada Pemilih Disabilitas Mental

By on December 5, 2018 0 157 Views

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ponorogo melakukan kegiatan sosialisasi di Desa Karangpatihan, Balong, Rabu (5/12). Sosialisasi diadakan di Rumah Harapan Desa Karangpatihan, Balong yang dihadiri oleh 41 jiwa yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Nita Herdianawati, Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat KPU Ponorogo menuturkan untuk kegiatan sosialisai KPU terkait pemilih ada beberapa macam-macam salah satunya Disabilitas, Perempuan, Pemilih Pemula, untuk itu pihaknya harus mengakomodir semua pemilih agar bisa mendapat hak pilih.

KPU Lakukan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih di Desa Karangpatihan, Balong

“Untuk sosialisasi hari ini sasarannya tuna grahita, yang perlu pendampingan dan penjelasan extra, dan sangat perlu pendamping yang bisa menyampaikan, karena komunikasi yang kita sampaikan belum tentu mereka paham,” ungkapnya.

Nita juga menjelaskan untuk wilayah Desa Karangpatihan, Balong ini ada DPT yang tuna grahita sekitar 50an jiwa dari total 98 jiwa. Sedangkan untuk sisanya mereka masuk kategori sulit atau berat.

“Untuk sisanya itu secara fisik dan kemampuan memang tidak bisa masuk dalam DPT, bahkan dibawa untuk mencoblospun tidak bisa,” jelasnya

Sementara itu Yuliana Ketua PPS Desa Karangpatihan, Balong mengungkapkan. dirinnya bersama tim sudah melakukan pendampingan sejak pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun ini, “Di Desa kami ada 8 pendamping untuk saat ini yang melakukan pendampingan kepada DPT tuna grahita,” katanya.

Ditanya soal kesulitan dalam pendampingan, Yuliana menjelaskan untuk pendampingan ini lebih extra lagi karena mereka mengandalkan mood, kita jemput di rumahnya pun belum tentu mau untuk ke TPS. “Untuk Pilgub kemarin gak semuanya mencoblos, untuk mengatur mood mereka itu sangat sulit,”pungkasnya. (Kominfo/fdl)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *