Breaking News
  • Home
  • News
  • Lepas 594 Jamaah Haji, Wabup : Berdoalah Yang Terbaik Insya Allah Mabrur

Lepas 594 Jamaah Haji, Wabup : Berdoalah Yang Terbaik Insya Allah Mabrur

By on July 28, 2018 0 201 Views

LABBAIKALLAHUMMA labbaik, labbaik laa syarika laka labbaik. Kalimat talbiyah yang terus berkumandang mengharu biru dinginnya pagi lepas subuh di Paseban Alun-Alun Ponorogo, Sabtu (28/7/2018).

Ribuan pasang mata pun sembab. Anak, ayah, ibu, adik, kakak, sepupu, keponakan, ipar, tetangga yang jadi pengantar jamaah haji bahkan kenalan baru pun turut bahagia bercampur sedih saat 594 jamaah haji dari Ponorogo dilepas keberangkatannya oleh Pemerintah Kabupaten Ponorogo. Bahagia karena para jamaah bisa segera menunaikan ibadah di tanah suci namun sedih karena harus berpisah cukup lama dengan keluarga.

Wabup Ponorogo Soedjarno saat melepas 594 jamaah haji Kabupaten Ponorogo dari Paseban Alun-Alun Ponorogo, Sabtu (28/7/2018).

Ya, rombongan tamu Allah yang berjumlah 14 bus ini dilepas langsung oleh Wakil Bupati Ponorogo Soedjarno dari depan Paseban Alun-Alun Ponorogo. Tepat pada pukul 06.57 WIB, Soedjarno mengangkat bendera start sebagai tanda dimulainya perjalanan ibadah para jamaah haji Ponorogo yang berjumlah 594 orang.

Dari Ponorogo, para jamaah ini terbagi dalam dua kloter, yaitu Kloter SUB 36 dengan anggota 440 orang dan Kloter SUB 37 dengan anggota 154 orang. Para jamaan ini terdiri dari 275 jamaah haji laki-laki dan 319 orang jamaah haji perempuan.

Sebanyak 261 atau 45 persennya adalah jamaah berusia di atas 60 tahun yang masuk kategori jamaah haji dengan risiko tinggi atau risti.

Wabup Soedjarno Saat Memberikan Sambutan

Wabup Soedjarno mengatakan, keberangkatan pada jamaah haji merupakan kesempatan beribadah yang sudah sangat dinanti. Perjalanan kali ini adalah perjalanan panjang dengan antrean yang cukup lama karena panjangnya daftar tunggu haji di Indonesia.

“Yakinlah, bapak ibu semua jadi tamu Allah sehingga pasti akan diopeni (dipelihara) oleh Allah. Tetap jaga kesehatan dan yang tidak kalah penting juga, jaga persatuan dan guyub rukun sesama jamaah haji, terutama haji dari Indonesia, dari Ponorogo. Berdoalah, Insya Allah akan diberi yang terbaik, jadi haji mabrur,” ungkap Soedjarno.

Kabid Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Ponorogo Syaichudin Nasir menyatakan, pihak Kemenag telah menekankan agar para jamaah haji selalu waspada dengan kondisi lingkungan sekitarnya saat berada di Mekkah maupun Madinah. Terutama dengan terjadinya cuaca yang cukup ekstrim akhir-akhir ini.

“Di sana kan berkumpul dengan banyak orang dari seluruh dunia. Penyakit apa saja bisa menular. Flu saya harus diantisipasi dengan baik. Kita pesankan ke mereka agar selalu mengenakan masker kalau keluar hotel, bawa pelindung sengatan matahari juga membawa semprotan air agar bisa mendinginkan badan,” ungkap Syaichudin.

Rombongan haji dari Ponorogo dijadwalkan sampai di Surabaya sekitar pukul 12 siang. Kloter SUB 36 akan take off dari Bandara Juanda pada hari Minggu, 29 Juli 2018 pukul 12.00 WIB. Sedangkan Kloter SUB 37, akan take off dari Bandara Juanda pada pukul 14.00 WIB.

Mereka akan tiba kembali ke Indonesia melalui Bandara Juanda pada Sabtu, 8 September 2018, pukul 18.00 WIB dan pukul 20.10 WIB dan tiba kembali di bumi reyog lagi pada Minggu, 9 September 2018 pukul 04.00 WIB. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *