Makam Mbah Palang Wisata Religi Prayungan

Makam Mbah Palang Wisata Religi Prayungan

Makam Mbah Palang Wisata Religi Prayungan

Comments Off on Makam Mbah Palang Wisata Religi Prayungan

Makam Mbah Palang Prayungan Sawoo

SAWOO – Prayungan adalah sebuah Desa yang berada di Kecamatan Sawoo. Yakni sebuah kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Trenggalek.  Desa Prayungan memiliki 3 Dukuh, yakni Brajan, Besar dan Ngimo. Dari ke 3 Dukuh tersebut keseluruhan terdiri dari 34 Rukun Tetangga.

Sutrisno Kepala Desa Prayungan mengatakan di Desa ini memiliki makam yang dianggap masyarakat memiliki keramat, pasalnya makam ini disebut-sebut punya jasa di Desa Prayungan. Di antaranya Makam Mbah Palang, Mbah Brojo dan Mbah Gampeng.

Sutrisno Kepala Desa Prayungan

“Makam yang dianggap keramat, dan karena punya jasa di Desa ini ada beberapa tempat. Di antaranya Makam Mbah Palang, Mbah Brojo dan Mbah Gampeng,” ujar Sitrisno.
Sedangkan yang telah selesai di bangun oleh pihak Desa adalah, Makam Mbah Palang. Makam ini terletak di selatan barat dari Kantor Desa Prayunga. Berada di tanah yang agak tinggi atau gunuk. Menurut Kepala Desa Prayungan, Sutrisno, Mbah Palang adalah orang asli Prayungan yang memiliki pangkat Palang. Maka kemudian orang memanggilnya Palang.
“Pangkat atau jabatan Palang, adalah sekelas Kepala PB atau Wedono,” ujarnya.
Di Sawoo Desa yang ada Palangnya, selain Desa Prayungan adalah Ketro, terang Sutrisno.
Makam Mbah Palang, tidak pernah Sepi dari peziarah. Baik itu dari dalam maupun dari Kota Ponorogo. Terutama pada hari hari tertentu.  Para peziarah yang datang ke Makam Mbah Palang, tersebut berkeyakinan bila berdoa kepada Tuhan di tempat tersebut cepat termakbulkan. (Kominfo/Jgo)

About the author:

Alamat

themecircle

Tentang Ponorogo

Back to Top