Makam Nyai Latung Dan Mbah Bale Batur Mitos Ataukah Legenda

Makam Nyai Latung Dan Mbah Bale Batur Mitos Ataukah Legenda

Makam Nyai Latung Dan Mbah Bale Batur Mitos Ataukah Legenda

Comments Off on Makam Nyai Latung Dan Mbah Bale Batur Mitos Ataukah Legenda

Pasa Bale Batur Kec.Ngebel

Di Wilayah Timur sisi utara perbatasan antara Ponorogo dan Madiun tepatnya masih masuk wilayah desa Ngebel Kecamatan Ngebel, ditengah desa tersebut ada sebuah Pasar yang terkenal sampai ke berbagai wilayah luar Ponorogo bahkan sampai ke luar Pulau seperti Kalimantan, Sumatra dan juga berbagai kota di wilayah Jawa Timur. Pasar “Bale Batur” begitu masyarakat menyebut tempat tersebut.

Apa yang menyebabkan Pasar Bale Batur tersebut terkenal sampai ke wilayah luar Ponorogo?. Ternyata ditengah pasar tersebut ada sebuah makam yang diayomi dengan sebuah pohon ringin yang sangat besar dan dikelilingi bedak tempat berjualan para pedagang dan disisi sebelah barat ada berdiri kokoh sebuah balai dari papan dan bambu yang luasnya lebih kurang 60 m2 yang bisa menampung 50 orang untuk mengadakan kegiatan kenduri dan sebagainya.

 

Makam Nyai Latung berada di bawah pohon beringin

Balai Bale Batur

Kami sengaja datang dan bertemu dengan Mbah Darno sang juri kunci  untuk mendapatkan kejelasan keberadaan makam yang di sakralkan tersebut. Mbah Darno sang juru kunci Bale Batur bercerita bahwa makam tersebut adalah makam tiban tahunnya juga tidak diketahui. ”Mboten ngertos mas, nggih ngertos ngertos sampun wonten makam wonten mriku, mbah mbah kula engkang rumiyen, juru kunci engkang rumiyen nggih mboten ngertos wiwit tahun pinten wonten makam bale batur menika”(“Tidak tahu mas, tahu tahu sudah ada makam disitu, kakek, nenek yang dulu, juru kunci yang dulu dulu juga tidak tahu mulai tahun berapa adanya makam tersebut”), jelas mbah Darno sang juru kunci. Mbah Darno adalah juru kunci turun temurun, saat ini beliau menjadi juru kunci ke empat mulai tahun 1999 setelah bapaknya yaitu pak Sadiran meninggal, rata rata menurut Mbah Darno dari krandah keturunan keluarga mbah Darno 35 sampai 40 tahun menjabat menjadi juru kunci makam tersebut.

Mbah Darno juru kunci memberikan penjelasan tentang Bale Batur

Menurut mbah Darno makam tersebut adalah makam  Nyai Latung yang masih ada kaitannya dengan legenda adanya Telaga Ngebel, sang nenek tua yang menasehati Joko Baru Klinting untuk menyiapkan perahu setelah mencabut lidi yang ditancapkan ditengah tengah desa yang akhirnya menjadi legenda telaga Ngebel tersebut. Dimakam yang sama juga bersemayam makam Mbah Bale Batur namun cerita ataupun legenda Mbah Bale Batur itu sendiri tidak begitu diketahui oleh warga. Namun makam ini menjadi  dikunjungi oleh banyak orang yang mempecayai nyadran atau ngalap berkah lantaran mbah Nyai Latung dan Mbah Bale Batur apa yang menjadi keinginannya yang bertujuan baik, yang sakit lama belum sembuh memohon kesembuhan dan sebagainya banyak yang dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Masih menurut Mbah Darno sang juru kunci Bale Batur, keunikan Bale batur setiap bulan Selo warga Bale Batur menyelenggarakan Ringgitan (Wayang Kulit ) semalam suntuk, Bale Batur setiap pasaran Pon, Wage, Legi pasarnya dimulai sejak dini hari hingga malam hari atau 24 jam jadi malam hari tetap ada aktifitas dipasar bale batur tersebut, terutama kalau pas musim buah buahan, Bale batur tidak pernah sepi dari para pedagang buah dari segala penjuru wilayah. (Kominfo)

About the author:

Alamat

themecircle

Tentang Ponorogo

Back to Top