Breaking News
  • Home
  • News
  • Masih Rawan Hujan Angin, Warga Ponorogo Tetap Diminta Waspada

Masih Rawan Hujan Angin, Warga Ponorogo Tetap Diminta Waspada

By on January 28, 2019 at 3:25 pm 0 154 Views

HUJAN lebat disertai angin kencang diperkirakan masih akan berlangsung hingga akhir pekan ini. Bencana banjir, longsor dan  musibah pohon roboh atau ranting patah berpotensi terjadi di berbagai tempat di Ponorogo.

Cuaca Ponorogo hingga sepekan ke depan diperkirakan masih diwarnai hujan intensitas sedang dan tinggi serta angin kencang dari arat Barat Barat Laut sehingga masyarakat diminta tetap waspada dengan kerawanan bencana banjir. longsor dan pohon tumbang.

“Adanya angin siklon tropis membuat cuaca sampai akhir bulan Januari ini, bahkan setelahnya, akan cukup ekstrim. Hujan intensitas tinggi dan sedang disertai angin berkecepatan tinggi bisa melanda daerah kita,” ungkap Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo Setyo Budiono, Senin (28/1/2019).

Karenanya, lanjut Budi, masyarakat tetap harus waspada dengan sejumlah kerawanan akibat cuaca yang bisa tiba-tiba menjadi sangat buruk. “Kita himbau mewaspadai adanya banjir dan tanah longsor di beberapa titik,” ungkapnya.

Angin kencang juga patut mendapatkan perhatian dari warga Ponorogo. Pekan lalu, puluhan pohon diketahui tumbang dan rantingnya patah. Pohon-pohon tumbang ini ada yang menimpa rumah, kendaraan sampai kabel listrik. Akibatnya, sejumlah daerah harus mengalami gelap hingga beberapa jam.

Senin pagi, secara visual cuaca di wilayah Kabupaten Ponorogo terpantau cerah. BMKG memberi prakiraan cuaca cerah berawan dengan suhu 25°C, kelembaban 85 %. Kecepatan angin 18,5 km/jam dan arah Barat Barat Laut

“Kita terus melakukan monitoring daerah rawan bencana melalui pesawat radio, WhatsApp serta medsos lainnya,” ttur Budi.

Sementara itu, Minggu (27/1/2019) sore telah terjadi tanah longsor di Desa Selur, Kecamatan Ngrayun. Longsor menimpa rumah Sukidi (47) yang berada di RT 03 RW 02 Dukuh Putuk, Desa Selur.

Longsor terjadi karena hujan deras mengguyur wilayah tersebut sejak pukul 14.00WIB. Sekitar pukul 15.00 WIB tebing yang berada di depan rumah Sukidi, longsor menimpa sebagian teras rumah.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Korban juga sudah kita beri bantuan sembako pada pagi ini dan rumahnya sudah dibersihkan dari material longsor oleh tim kami bersama warga,” pungkas Budi (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *