Breaking News
  • Home
  • Umum
  • Melihat Lebih Dekat Umat Budha di Bulu Lor

Melihat Lebih Dekat Umat Budha di Bulu Lor

By on December 22, 2017 0 168 Views
Jambon – Bulu Lor adalah sebuah wilayah Desa yang ada di Kecamatan Jambon.  Yang bila bersepeda motor bisa kita tempuh tidak kurang 1 jam bila kondisi santai.
Mungkin banyak yang tidak paham bila di Desa Bulu ada beberapa umat beragama Budha. Bahkan di Desa ini juga ada sebuah Vihara yang berdiri, sebagai sarana ibadah mereka. Meski pemeluk Budha tinggal 16 KK tapi kegiatan keagaamaan mereka tetap berjalan.
“Vihara ini berdiri sejak tahun 1993,” terang Phandita Miseri,  yang merupakan pemimpin umat Budha di Bulu Lor.
Selain memiliki Vihara Vimala Kirti Budha Darma Insdoneaia,  umat Budha di Bulu Lor juga mendirikan Taman Kanak Kanak. Pendidikan Pra Sekolah ini,  menurut Pandhita Miseri terbuka untuk umum.
“Bukan umat Budha saja yang sekolah di TK ini,” ujarnya.
Di vihara, sebagai sarana peribadatan umat,  masih berlangsung sembayangan di tiap pagi dan sore hari.
“Sembahyang pagi kita laksanakan setiap jam 06.00 wib.  Sedang sorenya setiap jam 18.30 wib.,” terang Pahndita Miseri.
Lebih lanjut,  Pandhita Miseri menerangkan selain Sembahyang setiap hari juga ada do’a yang dilaksanakan setiap minggu denga keliling kerumah umat Budha secara bergantian.  Acara tersebut di laksanakan setiap hari Rabo malam Kamis.
“Harapan kita dengan do’a keliling setiap malam kemis bisa membangun kerukunan antar umat Budha.  Selain juga saling mendo’akan bagi yang ditempati,” ujar Pandita Miseri.
Selain anjang sana ke rumah umat Budha setiap malam Sabtu di Vihara diadakan pembinaan umat. Pwmbinaan tersebut diikuti oleh setiap warga umat Budha baik tua maupun anak anak, laki laki atau perempuan.
“Pembinaan itu wajib diikuti.  Meski anak anak di setiap Minggu ada Sekolah Sore di dekat TK,” ujar Miseri.
Sedangkan secara sosial untuk menghargai antar umat,  setiap ada apa saja yang dilakukan masyarakat umat Budha tetap mengikuti. (Kominfo/Jgo)