Breaking News
  • Home
  • Umum
  • Menengok Perayaan Natal Di Klepu Sooko

Menengok Perayaan Natal Di Klepu Sooko

By on December 28, 2017 0 89 Views

Meski misa Natal bagi umat Kristen Katholik di Desa Klepu Kecamatan Sooko,  Kabupaten Ponorogo sudah dilaksanakan,  tanggal 24 Desember 2017 di malam Natal dan tanggal 25 Desember 2017 pagi jam 06.00 Wib,  namun kemeriahan natal bagi umat Katholik masih nampak meski sudah tanggal 27 Desember 2017.

Terbukti,  banyak umat baik muda maupun tua masih saling kunjung dan mengunjungi untuk mengucap selamat natal pada peringatan kelahiran Yesus tersebut. Dalam perayaan natal di tahun ini,  yang mengambil tema, “Hendaklah Damai Sejahtera Karena Yesus memerintah dalam Hatimu”.

Umat Katholik di Klepu Sooko merayakan natal dengan tradisi,  yang tak jauh beda dengan lebaran. Seperti suasana berkunjung bersama pada tetangga dan saudara.  Bahkan yang bekerja di luar kota juga sama pulang untuk memperingati hari kelahiran Raja Damai dan Juru Selamat Umat sedunia.

“Cara kunjungnya pun tak jauh beda dengan Lebaran pada umat Islam,  yakni yang lebih muda mengunjungi yang tua,  anak mengunjungi ibu dan saling bermaafan, ” terang Ignatius Timbul,  salah satu umat katholik.

Pada natal dengan tema perdamaian ini,  umat Katholik di Klepu membuka diri untuk bergandengan dengan yang lain.  Bahkan di gereja Katholik di Klepu Romo Bowo membuka open House. Siapa saja boleh datang,  boleh menemui dan saling memaafkan.

Dengan cara demikian diharapkan,  terciptanya perdamaian pada nusantara.  Sebab,  Indonesia ini tercipta dari kesatuan.  Baik Kesatuan antar agama,  anatar, suku,  antar ras dan antar adat tradisi.  “Kalau yang satu saling menjaga dengan yang lain, saling menghormati niscaya akan mudah tercapainya kesatuan dan kerukunan,” terang Romo Agus Wibowo dengan penuh harap. (Kominfo/Jgo)

  Umum