Breaking News

Ngebel Simpan Potensi Kopi

By on October 10, 2018 0 190 Views

NGEBEL memang semakin asyik untuk dikunjungi. Tak hanya telaga wisata atau durian yang bisa dirindukan, namun kini kopinya juga bisa jadi sarana pemanja pewisata. Cita rasanya makin dicari sebab kualitasnya tak kalah dengan kopi level dunia.

Hal inilah yang selama satu tahun terakhir mulai berkembang di sekitar Telaga Wisata Ngebel, sekitar 25 KM timur aloon-aloon Ponorogo, Jawa Timur. Ketinggian muka tanahnya membuat biji kopi dari Ngebel disebut-sebut sebagai kopi yang sudah sedap sejak dari pohonnya.

Camat Ngebel Suseno menunjukkan idola baru di kawasan wisata Telaga Ngebel berupa kopi asli desa sekitar

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ponorogo Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni menunjukkan kopi unggulan produk Ngebel.

“Kita ini punya potensi yang luar biasa di kopi ternyata. Kondisi geografis sangat mendukung. Beberapa lahan yang berada di ketinggian lebih dari 700 mdpl (meter di atas permukaan laut)sampai 1.300 mdpl) itu ternyata kopinya enak,” ucap Camat Ngebel Suseno, Rabu (10/10/2018).

Dikatakannya, kopi yang berasal dari Desa Talun dan Desa Pupus atau sekitar 2-3 km di atas Telaga Ngebel ternyata disukai para pecinta kopi. Kopi yang kini disebut sesuai dusun asal kebunnya, Hargo Kiloso, menjadi idola baru di sela kopi-kopi nikmat kelas dunia.

“Saat ada kontes kopi di Yogya, kopi Hargo Kiloso itu jadi kopi terbaik. Dari hasil itu, oleh temen komunitas kopi di Yogya dibawa ke Swedia. Ternyata dipresiasi bagus sekali. Nah, ini adalah kesempatan yang bagus sekali,” ungkap Camat Ngebel Suseno.

Karena itu, sejak beberapa waktu lalu para petani di Ngebel mulai diperkenalkan kembali dengan tanaman kopi. Pohon cengkeh yang mulai mati dan tua juga diganti.

“Kita mulai tanami kopi dengan jenis yang sama dengan yang sudah ada ratusan tahun di sini. Bibit tidak khawatir kekurangan sebab pohon yang lama saat menggugurkan bunganya bisa menghasilkan pohon baru yang bagus,” ujarnya.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Ponorogo Addin Andanawarih mengatakan pihaknya siap untuk memfasilitasi usaha kopi ini. Sebagai pemain baru dengan potensi yang luar biasa, dinasnya bisa memberikan dorongan berupa promosi hingga pemasaran.

“Kita siap kembangkan seperti standarisasi, kemasan dan juga mengenalkan ke berbagai pasar. Kita siap memamerkan produk ini sebagai unggulan,” pungkas Addin. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *