Breaking News
  • Home
  • News
  • Operasi Truk Kelebihan Muatan Akan Bergeser ke Ponorogo Barat

Operasi Truk Kelebihan Muatan Akan Bergeser ke Ponorogo Barat

By on April 1, 2019 at 8:28 pm 0 135 Views

DINAS Perhubungan Kabupaten Ponorogo berencana melakukan penertiban untuk truk-truk yang kelebihan muatan di wilayah Ponorogo bagian barat. Hal ini sebagai tindak lanjut dari langkah dinas ini yang telah mengoperasi truk-truk dengan muatan lebih di Ponorogo sebelah timur.

Kabid Lalu Lintas dan Angkuta Jalan Dishub Ponorogo Kristanta, Senin (1/4/2019) mengatakan, selama 2018 lalu, operasi penertiban untuk truk-truk pengangkut hasil tambang di sekitar Kecamatan Jenangan dan Pulung telah cukup berhasil menurunkan jumlah truk yang kelebihan muatan.

Sebuah truk bermuatan bahan tambang galian di daerah Jenangan saat melintas.

“Pada 2018 lalu kita sudah ada kesepakatan yang ditandatangani oleh para penambang dan juga muspika, bahwa kalau ada truk bermuatan lebih maka akan diturunkan muatannya sampai sesuai standarnya. Muatan yang diturunkan itu jadi hak warga. Dan itu sudah berjalan,” ujarnya.

Ia memperkirakan, sudah sekitar 80 persen armada truk pengangkut hasil tambang yang mengembalikan baknya ke ukuran standar. Dengan begitu, tonase atau bobot truk tidak akan terlalu tinggi melebihi kualitas jalan. Harapannya, jalan akan awet dan tidak cepat rusak.

“Selain di bagian timur, kita juga akan segera menertibkan di bagian barat, sekitar Kecamatan Sampung. Tapi agak sulit di situ karena daerah tambangnya di Provinsi Jawa Tengah. Kita ada kesulitan di situ,” ungkapnya.

Dikatakannya, pihak Dishub menyadari adanya keterbatasan tenaga untuk melakukan pengawasan dan penindakan di wilayah tersebut. Apalagi jumlah PPNS atau Penyidik Pegawai Negeri Sipil di jajaran Dinas Perhubungan Ponorogo hanya ada satu orang sehingga akan kewalahan bila harus mengawasi kawasan tersebut sendirian.

“Untuk sementara yang bisa dilakukan adalah penilangan. Tapi karena PPNS-nya baru satu orang, ya belum optimal.

Pembatasan muatan pada angka tertentu ini merupakan upaya agar jalan-jalan di Ponorogo tidak lekas rusak. Terutama pada jalur-jalur yang menuju lokasi tambang, juga jalan yang dilintasi truk-truk tambang. Jalan di Ponorogo akan awet bila semua pihak ikut memeliharanya. Di antaranya dengan tidak membebaninya dengan bobot yang terlalu berlebihan. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *