Pakasa Gebang Tinatar Peringati Maulud dan Sejarah Paku Buwana ll

Pakasa Gebang Tinatar Peringati Maulud dan Sejarah Paku Buwana ll

Pakasa Gebang Tinatar Peringati Maulud dan Sejarah Paku Buwana ll

Comments Off on Pakasa Gebang Tinatar Peringati Maulud dan Sejarah Paku Buwana ll

Jetis – Paguyuban Kawula Surakarta atau yang disingkat Pakasa, merupakan sebuah kelompok para Kawula Kraton Surakarta Hadiningrat. Kawula yang tergabung di Pakasa pada umumnya mereka yang mendapat gelar kebangsawanan Kraton.

Guna memperingati Maulud Nabi Muhammad S. A. W dan sekaligus mengenang perjuangan Sultan Paku Buwana II dalam merebut kembali Keraton Karto Suro Hadiningrat,  Pakasa menggelar berbagai acara di Masjid Tegal Sari Jetis Ponorogo,  Jum’at, 22 Desember 2017.

Dalam acara tersebut,  di mulai dengan Do’a dengan tahlil bersama di Makam Kiai Ageng Muhammad Besari sebagai pendiri Pondok Gebang Tinatar Tegal Sari, sedangkan imam tahlil di pimpin oleh Juru Kunci makam Bathara Katong.  R.  Ng.  Sunardi yang disambut dengan do’a bersama dipimpin oleh K. H.  Syamsudin, Imam Masjid Tegal Sari.

Setelah selesai acara Tahlil dan do’a kemudian sholat Ashar berjamaah yang kemudian dilanjutkan dengan sarasehan sejarah Paku Buwono ll dengan nara sumber,  Keluarga Keraton Sura Karto yang di wakili oleh Gusti Ayu Wandhan Sari sebagai Pangarsa Punjer Pakasa. Dalam acara tersebut,  selain Gusti Ayu Wandhan Sari,  hadir Juga Gusti Ratna Dumilah dan Gusti Mung. (Kominfo/Jgo)

About the author:

Alamat

themecircle

Tentang Ponorogo

Back to Top