Breaking News
  • Home
  • Slider
  • Parade Budaya Bukti Keragaman Seni Ponorogo

Parade Budaya Bukti Keragaman Seni Ponorogo

By on September 10, 2018 0 298 Views

PENAMPILAN para seniman dari sejumlah bentuk kesenian di Ponorogo dalam Parade Budaya 2018 merupakan bukti dari keragaman seni budaya di Bumi Reyog. Kesenian-kesenian tersebut terus berkembang dan dilestarikan masyarakat beriringan dengan reyog Ponorogo yang sudah mendunia.

Parade Budaya 2018 yang merupakan rangkaian Grebeg Suro 2018 pada Minggu (9/9/2018) ini menampilkan empat kelompok kesenian. Di antaranya adalah unto-untonan yang berangkat dari Jenes atau sebelah selatan, lalu kesenian jaran thik yang berangkat dari Tambak Bayan atau sebelah barat, lalu ada gajah-gajahan dari Jalan Abdul Rahman Saleh atau utara dan ada jaran thik lagi dari pertingaan Ngepos atau sebelah timur.

Penampilan unto-untonan pada Parade Budaya 2018 di depan Paseban Alun-Alun Ponorogo, Minggu (9/9/2018)

Keempatnya kemudian berkumpul melakukan defile di halaman Paseban Alun-Alun Ponorogo dan tampil di hadapan Wakil Bupati Ponorogo serta para tamu undangan.

“Tampilnya kesenian-kesenian ini merupakan bukti bahwa kita di Ponorogo punya banyak bentuk kesenian, kita kaya budaya. Di berbagai daerah saya melihat ada upaya dari masyarakat untuk melestarikan kesenian-kesenian ini. Ini baru empat grup, tiga kesenian. Kalau semua ditampilkan, pasti penuh Alun-Alun ini, tidak cukup,” ungkap Wabup Ponorogo Soedjarno.

Penampilan gajah-gajahan pada Parade Budaya 2018 di depan Paseban Alun-Alun Ponorogo, Minggu (9/9/2018)

Sebenarnya, lanjut Wabup Soedjarno, masih ada kesenian lain yang juga dilestarikan di Ponorogo namun belum sempat ditampilkan. “Namanya musik odrot. Itu juga asli dari Ponorogo. Lain waktu mungkin bisa ditampilkan,” kata Wabup Soedjarno.

Parade budaya juga menampilkan seni kontemporer yang dipadu dengan tradisi etnik Indonesia. Dengan sebutan Ponorogo Art and Culture Carnaval, sejumlah peraga menampilkan kostum-kostum yang cukup mempesona yang menggambarkan budaya Indonesia.

Penampilan Ponorogo Art and Culture Carnaval 2018 pada Parade Budaya 2018 di depan Paseban Alun-Alun Ponorogo, Minggu (9/9/2018)

Ribuan warga tampak antusias menyaksikan parade yang mulai mewarnai Grebeg Suro sejak 2017 ini. Setelah parade ditutup oleh Wabup Soedjarno, warga semakin merangsek ke tengah arena penampilan. Yaitu saat kesenian jaran thik yang disajikan oleh Perkumpulan Seni Jaranan Thik Ponorogo (PSJTP) mengakhiri penampilan dengan satu sampaannya. (kominfo/dist)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *