Breaking News
  • Home
  • News
  • Peminat Program Umroh Gratis Merbot-Kyai Tinggi

Peminat Program Umroh Gratis Merbot-Kyai Tinggi

By on October 15, 2018 0 228 Views

UMROH gratis yang diperuntukkan bagi merbot dan kyai dari masjid dan musola di Ponorogo ditanggapi antusias tinggi warga Ponorogo. Dari jatah kursi umroh yang 171 buah ternyata pendaftarnya sudah jauh melebihi kuota.

Hal ini dikatakan Plt Kabag Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Ponorogo Sumani. Dari laporan sementara, di semua kecamatan pendaftarnya sangat banyak. Bahkan, ada pendaftar yang langsung mengirim berkas ke Bagian Kesra Setda Kabupaten Ponorogo. Jumlah pendaftar yang langsung ke kabupaten mencapai bahkan dua kali lipat kuota di masing-masing kecamatan.

“Itu artinya program ini mendapat respons positif warga Ponorogo,” kata Sumani, Senin (15/10/2018).

Pendaftaran program ini berjenjang. Panitia kecamatan bertugas melakukan verifikasi dan seleksi awal. Mereka akan mengecek persyaratan peserta. Seperti usia yang harus di atas 40 tahun, sudah cukup lama mengabdi dan tidak digaji serta syarat-syarat lainnya.

Sumani mengatakan, panitia agak sulit menemukan calon peserta yang merupakan kyai dan merbot yang mengurusi masjid tua atau mereka yang mengimami selama lima waktu di sebuah masjid dan sebagainya.

Untuk pengumpulan berkas sudah ditutup pada Jumat (12/10/2018) lalu. Berkas yang masuk akan dikumpulkan dan diseleksi di tingkat kecamatan lebih dahulu. Setelah itu akan dikirim ke tingkat kabupaten dan diseleksi oleh panitia seleksi atau pansel yang terdiri dari MUI Ponorogo, pengurus NU Ponorogo, pengurus Muhammadiyah Ponorogo, sejumlah ulama dan kyai yang dipandang mengerti kondisi di Ponorogo.

“Senin ini (15 Oktober 2018) berkas dibawa ke pansel di tingkat kabupaten untuk diseleksi lagi,” ujarnya.

Sumani mengatakan, kuota tiap kecamatan sudah ditentukan namun pansel tetap akan membuat daftar cadangan. Sebab bisa jadi ketika yang mendapatkan jatah berangkat mengalami sesuatu hal maka yang memiliki grade di bawahnya bisa menggantikan.

Sekda Kabupaten Agus Pramono menambahkan, program ini sudah dianggarkan di APBD 2018 dengan dana sebesar Rp 4 miliar lebih. Program ini untuk memberikan apresiasi kepada para kyai dan merbot yang telah mengabdi bagi masyarakat dan agamanya.

“Kita sudah siap bahkan di 2019 juga akan diadakan lagi,” pungkasnya. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *