Breaking News
  • Home
  • Slider
  • Pemkab Ponorogo Bakal Realisasi Siltap Perangkat Desa

Pemkab Ponorogo Bakal Realisasi Siltap Perangkat Desa

By on February 13, 2019 0 365 Views

Penghasilan tetap (Siltap) Perangkat Desa yang setara degan Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan II A ini Pemkab Ponorogo bakal merealisasikan. Hal ini membuat 3.000 perangkat desa se Ponorogo yang menghadiri silahturahmi dan tasyakuran Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Cabang Ponorogo bernafas lega. 

Ribuan Perangkat Desa yang menghadiri tasyakuran dan silahturahmi
Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) di Padepokan Reog Ponorogo, Selasa (12/2/2019)

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni dalam sambutannya di acara silahturahmi dan tasyakuran PPDI Ponorogo yang bertempat di Padepokan Reog mengungkapkan pihaknya siap untuk mengcover besaran Siltap perangkat desa setara ASN golongan II A, atau Rp 2 juta per orang dengan total mencapai Rp 70 miliar. Terkait total anggaran untuk Siltap itu besar, Ipong mengklaim dana Siltap perangkat tidak menggangu postur dana pembangunan daerah pada APBD Ponorogo. Pasalnya, selain bersumber dari dana sharing APBD dan APBN, yang terdiri dari Anggaran Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD), dan Bantuan Keuangan Khusus Desa (BKKD). 

“Postur dana Siltap ini hanya 20 persen dari total APBD tahun 2019 Senilai Rp 2,3 triliun. Terlebih didalam Undang Undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, daerah wajib mengalokasikan anggaran untuk desa, dan Ponorogo siap merealisasikan Siltap perangkat desa,” ungkapnya, Selasa, (13/2/2019).

Ipong menjelaskan untuk merealisasikan Siltap perangkat desa, pihakmya akan segera menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang teknis pencairan Siltap Perangkat desa. Namun perbup itu bisa di buat setelah terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) tentang revisi PP nomer 43 tahun 2014 peraturan pelaksanaan UU Desa dan PP nomor 47 tahun 2015 tentang desa. 

“Nanti kita tunggu dulu PPnya terbit, tak usah perda langsung perbup biar bisa di langsung dilaksanakan,” jelasnya. (Kominfo/fdl)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *