Breaking News
  • Home
  • Pariwisata
  • Pencak Silat dan Reyog Ponorogo Pukau Masyarakat Arab Saudi

Pencak Silat dan Reyog Ponorogo Pukau Masyarakat Arab Saudi

By on January 8, 2019 0 188 Views

Indonesia mengirimkan delegasi dalam acara Janadriyah Festival ke 33 di Arab Saudi, delegasi dari Indonesia tersebut berasal dari Ponorogo yang menampilkan pencak silat dan reyog di acara tersebut (Janadriyah Festival ke 33).

Wisnu HP beserta tim saat tampil di ribuan masyarakat Arab Saudi

Dalam acara tersebut Wisnu Hadi Prayitno, selaku ketua rombongan pencak silat dan reyog menuturkan dalam penampilannya mereka mampu memukau ribuan pasang mata yang menonton pada waktu itu. 

“Alhamdullah, kami sangat bersyukur karena dalam beberapa hari ini kami menyelesaikan misi sebagai delegasi Indonesia. Kami menampilkan pencak silat yang kami kolaborasikan dengan reyog Ponorogo di acara tersebut,” ungkap Wisnu kepada ponorogo.go.id melalui telepon. Selasa(8/1/2019).

Ia juga menceritakan melalui telepon bahwasannya ini merupakan suatu yang spesial karena tahun ini Indonesia sebagai tamu kehormatan di Festival terbesar di Riyadh Saudi Arabia.

“Antusiasme masyarakat Riyadh sangat luar biasa, dimana semua kesenian Indonesia yang di tampilkan bisa memukau mereka,” sambungnya.

Wisnu HP sapaan akrab Wisnu Hadi Prayitno mengatakan ada hal yang menarik di Riyadh karena cuaca disini (Riyadh) setiap harinya berubah. 

“Ya karena cuacanya disini tiap hari berubah, untuk pementasan kami pun juga berubah. Di hari pertama kami melakukan pementasan malam hari, hari kedua kami sempat gagal pentas karena badai pasir datang sore hingga malam hari, dan di hari ketiganya cuaca yang sangat dingin menusuk tulang, tetapi atas izin Allah kami mengikuti rangkaian acara dengan lancar, diawali parade seluruh delegasi Indonesia, kami membelah ribuan massa yang hadir sore hari. Hal yang menarik lagi untuk para penontonnya memakai gamis dan tertutup tetapi sangat di luar dugaan bahwa mereka sangat welcome, bahkan di setiap sesi istirahat banyak diantara mereka yang selalu bertanya kapan pentas akan di lakukan,” cerita Wisnu kepada ponorogo.go.id

Acara tersebut berlangsung hingga tanggal 9 Januari 2019 dan mereka juga akan mengikuti penutupan, sekarang ini mereka sedang melakukan umroh, dan akan kembali ke Indonesia tanggal 10 Januari 2019.

“Tim yang saya bawa kali ini semua asli putra dan putri daerah Ponorogo yaitu Jaggadhita Ara Pujarengganis, salah satu siswi SDN Sumoroto 3 sebagai penari jathil, Wisnu Hadi Prayitno sebagai pesilat dan penari warok, Frendy Susilo Wibowo sebagai pesilat, Dedy Satya Amijaya sebagai penari Klono Sewandono, dan Ginanjar Heru Cahyo sebagai penari dadak merak atau pembarong,” jelasnya.

Wisnu juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada Kemenpora Republik Indonesia yang telah mempercayai kami untuk memperkenalkan pencak silat dan reyog ponorogo di dunia Internasional. (Kominfo/fdl)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *