Breaking News

Pengukuhan 21 Kampung KB

By on October 20, 2017 0 67 Views

Kampung KB merupakan suatu gagasan dari Presiden Joko Widodo yang mana beliau berharap besar terhadap berjalannya program KB di Indonesia. Karena mengingat pertumbuhan penduduk di Indonesia yang semakin tahun semakin bertambah. Sehingga diwajibkan untuk seluruh kabupaten dan kecamatan memiliki kampung KB.

Mengapa yang dipilih adalah Kampung? Karena pinggiran merupakan benteng suatu Negara, sehingga pengukuhan lebih difokuskan ke daerah pinggiran terlebih dahulu.

Jum’at (20/10) diselenggarakan pencanangan program 21 Kampung KB 2017 bertempat di desa Nongkodono, Kauman, Ponorogo dihadiri sekaligus diresmikan oleh wakil Bupati Ponorogo Drs. H. Soedjarno, MM
Pemerintah Kabupaten Ponorogo bekerjasama dengan BKKBN, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanahan, dan Polres Ponorogo, dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat pinggiran. Jika tidak mulai dari sekarang Program KB dilaksanakan, mungkin dunia akan semakin penuh sesak oleh manusia, mengingat kini jumlah manusia di Indonesia mencapai 2 milyar, yang artinya dua kali melebihi batas normal.

Selain itu, pihak BKKBN juga menjelaskan bahwa penerapan KB di Ponorogo ini termasuk berhasil, dibuktikan dengan persentase perkembangan penduduk yang masih rendah dibandingkan dengan lainnya. Dari 900 ribu jumlah penduduk Jawa Timur, Ponorogo hanya menyumbangkan 0.18% saja. Itu artinya hanya sekitar 10 ribu kelahiran bayi di Ponorogo per tahunnya. Pada tahun 2013 Ponorogo telah berhasil mendapatkan juara nasional sebagai rumah sakit yang bersedia menangani KB pasca kelahiran dimotori oleh Dr.H. Arif Prijatna, Sp.OG

Wakil Bupati Ponorogo Drs. Soedjarno, MM juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat, Kepala Desa, dan Camat untuk bersama-sama bekerjasama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan adanya Kampung KB diharapkan dapat meningkatkan peserta KB, dan juga meningkatkan kesadaran masyarakat secara menyeluruh yang berlandaskan kesejahteraan masyarakat, jelasnya. (kominfo*)

  News