Peran Aktif Masyarakat Tingkatkan Nilai Wisata.

Peran Aktif Masyarakat Tingkatkan Nilai Wisata.

Peran Aktif Masyarakat Tingkatkan Nilai Wisata.

Comments Off on Peran Aktif Masyarakat Tingkatkan Nilai Wisata.
PONOROGO – Sapto Djatmiko, demikianlah nama kepala Dinas Pariwisata Ponorogo. Lelaki yang suka humor, dengan pola hidup bersahaja. Pria kelahiran Tulung Agung yang menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ponorogo sangat gemar pada kebudayaan daerah.
Terlebih sebelumnya, Sapto Djatmiko dalam karier kepegawaiannya pernah menjabat di Kepala Bidang Sosial Budaya Bapeda Ponorogo. Jadi terasa nyaman saja pada jabatannya kini.
“Nyaman tidak nyaman atau siap tidak siap, kita harus siap, ditempatkan di mana saja. Karena PNS harus siap ditempatkan di mana pun dan taat pada atasan,”terangnya.
Pada keoemimpinannya pada Dinas Pariwisata, potensi wisata di Kabupaten Ponorogo memang begitu menggairahkan. Bahkan setiap kecamatan seperti bermunculan lokasi lokasi wisata. Pada tahun ini saja, ada beberapa obyek wisata baru. Seperti Kedhung Lesung di Balong, Wisata Arung Jeram di Ngrupit dan wiasat air hangat Tirta Husada.
Dan semua itu terjadi karena, semangat masyarakat dalam upaya meningkatkan daya jual keindahan alam. Sebab obyek wisata yang ada di Ponorogo, hampir kesemuanya alami,” ujarnya.
Tanpa semangat masyarakat dan kerjasama antara Pemerintah setempat dan tentunya koordinasi dengan Pemeritah Kabupaten, semua mustahil tercapai.
“Yang pasti adalah, peran aktif masyarakat dalam melestarikan, menjaga dan merawat obyek wisata akan mampu meningkatkan, daya jual obyek wisata tersebut,” ujarnya.
Maka, dengan peran aktif masyarakat yang di bina oleh pemerintah, juga mampu menjadikan kegiatan tradisi menjadi sarana wisata masyarakat. Seperti bersih desa, pada tahun ini yang bersamaan dengan HUT RI, pemerintah Desa masing masing mempola kegiatan tersebut dikemas dengn baik.
Sehingga dengan kemasan yang baik oleh masyarakat, mampu menjadikan kegiatan selan atau bersih desa menjadi kegiatan seni dan tradisi yang mempunyai daya jual.
Daya jual disini, artinya adalah mampu mengundang banyak orang yang datang untuk menyaksikan. Baik itu dari luar desa atau bahkan dari luar kota, terangnya.
Maka Sapto Djatmiko, berharap peran aktif masyarakat bisa berlanjut dalam melestarikan seni tradisi. Karena dengan peran aktif masyarakat dan bekerja sama dengan pemerintah setempat akan mampu meningkatkan potensi wisata, pada daerahnya. (Kominfo/jgo)

About the author:

Alamat

themecircle

Tentang Ponorogo

Back to Top