Breaking News
  • Home
  • News
  • Perda Miras Bisa Tuntas Tahun Ini

Perda Miras Bisa Tuntas Tahun Ini

By on April 30, 2018 0 248 Views

Ratusan liter miras diamankan oleh anggota Polres Ponorogo belum lama ini

Terkait terungkapnya peredaran ratusan liter miras yang beredar di wilayah Kabupaten Ponorogo yang dilakukan oleh Jajaran Polres Ponorogo dalam hal ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo tidak tinggal diam. Pemkab merencanakan akan mengkaji terkait dengan peraturan daerah (Perda) guna untuk menekan peredaran minuman keras (Miras) di wilayah Ponorogo.

Wakil Bupati Ponorogo, Soedjarno menyatakan untuk peredaran miras sendiri di wilayah Ponorogo sangat longgar, meskipun pihak kepolisian selalu menggelar operasi penertiban. Sedangkan untuk miras yang beredar di Ponorogo sendiri berjenis Arak Jowo (Arjo) dan miras itu sendiri dipasok dari Sukoharjo. Sedangkan, Ponorogo sendiri itu hanya pasar peredaran miras berkadar alkohol 20%  hingga 40%. “Perda ini dibutuhkan untuk menekan peredaran miras di Ponorogo,” ungkapnya Senin, (30/4).

Mengedarkan miras sendiri sudah menjadi mata pencarian sebagian warga Ponorogo yang sulit ditinggalkan. Hal itu disebabkan karena keuntungan dan kemudahan mendapatkan barang tersebut. Menurut Soedjarno, miras itu sangat memberikan dampak buruk dan bisa menimbulkan kekerasan dan kejahatan. “Karena itu, saya berharap perda ini bisa tuntas tahun ini,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Bapemperda DPRD Ponorogo, Puryono mengungkapkan raperda miras sengaja dimasukkan dalam prolegda 2018 supaya bisa menyesuaikan dengan agenda pembahasan rancangan UU tentang larangan minuman beralkohol dari DPR RI. Dengan begitu, pihaknya perda itu bisa cepat diundangkan. ‘’Tapi, prosesnya belum final,’’ tuturnya.

Puryono menuturkan perincian aturan teknis yang bakal dimasukkan dalam perda bakal diatur sesuai kebutuhan. Karena itu, sampai dengan saat ini pihaknya masih melakukan pengkajian dan menjalin koordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk DPRD dari luar daerah untuk mematangkan penyusunan produk hukum tersebut. ‘’Kalau kami berharap tahun bisa ditetapkan. Tapi, kan semuanya berproses. Menunggu peraturan diatasnya selesai dulu dibahas. Baru nanti menyesuaikan,’’ ujarnya.

Puryono mengatakan perda miras sangat penting untuk melindungi generasi muda dari bahaya miras. Keberadaan Perda semakin penting lantaran Ponorogo dikenal sebagai daerah dengan tingkat keislaman yang sangat kental. ‘’Di samping kita terus menyampaikan hukum tentang miras dari segi agama, alangkah baiknya diperkuat dengan Perda. Kalau dibuatkan Perda tentunya ini akan semakin memperkuat,’’ terangnya, (kominfo/fdl)

  News