Breaking News

Peringatan Hari Nusantara

By on December 13, 2017 0 233 Views

PONOROGO – Bertempat di Halaman Pendopo Agung Kabupaten Ponorogo di selenggarakan Upacara Peringatan Hari Nusantara 2017 yang dihadiri seluruh Forpimda dan para pejabat dilingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Ponorogo dan diikuti oleh anggota KORPRI, PGRI, dan pelajar tingkat SMA. Adapun bertindak selaku inspektur upacara wakil Bupati Ponorogo, Drs.H. Soejarno, .M.M. Upacara berjalan lancar dan khidmat.

Dalam sambutannya pada Upacara Peringatan Hari Nusantara 2017 tersebut wakil Bupati Ponorogo Drs. H.Soejarno.MM. diantaranya menyampaikan, bahwa Peringatan Hari Nusantara Merupakan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor :126 tanggal 13 Desember Tahun 2001.

Tentang Penetapan Peringatan Hari Nusantara. Peringatan Hari Nusantara mengingatkan kita pada makna yang sangat penting yaitu pada konsep Wawasan Nusantara. Pada peringatan ini kita meneguhkan tekat bahwa Republik Indonesia adalah negara kesatuan yang tidak dapat dipisahkan kendati secara geografis negara kita terdiri dari lebih dari 17 ribu pulau, negara kita negara yang tidak bisa dipisah pisahkan. Ini antara lain karena jasa Ir. H. Juanda yang mendeklarasikan bahwa Republik Indonesia adalah Negara Kepulauan.

Dengan berani dia mengumumkan kepada dunia (Deklarasi Djuanda 13 Desember 1957) bahwa segala perairan di sekitar, di antara, dan yang menghubungkan pulau-pulau yang termasuk dalam daratan Republik Indonesia, dengan tidak memandang luas atau lebarnya, adalah bagian yang wajar dari wilayah daratan Negara Republik Indonesia dan dengan demikian merupakan bagian dari perairan pedalaman atau perairan nasional yang berada di bawah kedaulatan Negara Republik Indonesia.

Dipenghujung sambutannya beliau menyampaikan juga kepada seluruh SKPD untuk memanfaatkan waktu yang dipenghujung akhir tahun 2017 ini, untuk segaera menyelesaikan administrasi laporan pertanggung jawaban penggunaan anggaran tahun 2017. (Kominfo/Pji)

  News