Breaking News
  • Home
  • News
  • Perkuat Struktur Tanah BPBD Ponorogo Lakukan Penghijauan

Perkuat Struktur Tanah BPBD Ponorogo Lakukan Penghijauan

By on November 26, 2018 0 77 Views

Desa Tangguh Rawan Bencana (Destana) yang dibentuk oleh BPBD Ponorogo selain pelatihan, simulasi bila menghadapi bencana, juga ada kegiatan penghijauan. Ada kurang lebih 10 ribu bibit yang dibagi di empat desa rawan bencana yaitu Desa Banaran, Desa Maguan, Desa Tugurejo, dan Desa Dayakan.

Untuk titik awal penanaman pohon tersebut ada di Desa Banaran, ada puluhan warga yang mengikuti aksi tanam pohon tersebut. Penghijauan tersebut berada di sektor bekas terjadinya longsor satu tahun silam.

Setyo Budiono, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo menuturkan, ini merupakan salah satu program dari destana, disamping dari pelatihan dan simulasi bila menghadapi bencana.

“Ini juga salah satu program destana untuk program penghijauan, sehingga nantinya lahan yang gundul dan terbakar bisa kembali hijau lagi dan tidak terjadi bencana lagi seperti longsor,” ungkapnya saat di temui di lapangan, Senin (26/11).

Budi menambahkan ada 4 jenis bibit tanaman yang ditanam ini yaitu tanaman sengon, tanaman mente, tanaman klengkeng, tanaman alpokat. Pihaknya memilih 4 jenis tanaman tersebut karena karakter dari ke empat jenis tanaman tersebut merupakan tanaman keras.

“Di pilih tanaman keras karena itu bisa mengurangi erosi dan ke empat tanaman tersebut juga masuk tanaman produktif dan bisa menambah penghasilan warga sekitar,” tambahnya.

Budi berharap dengan diadakannya penghijauan ini nantinya bisa mengurangi longsor erosi, banjir, dan tanah gerak.

“Nantinya ini bisa mengurangi erosi tanah, dan memperkuat struktur tanah karena banyak tanaman yang bersifat keras yang ditanam dan menjaga sumber air tanah,” pungkasnya. (Kominfo/fdl)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *