Breaking News
  • Home
  • News
  • Ponorogo Bakal Rekrut 358 CPNS

Ponorogo Bakal Rekrut 358 CPNS

By on September 14, 2018 0 1841 Views

PENERIMAAN CPNS dengan jumlah hingga 238.015 tenaga di seluruh Indonesia akan menjadi angin segar bagi para pencari kerja dan lulusan berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Untuk Ponorogo, jatah penerimaan atau rekrutmen-nya adalah 358 lowongan CPNS.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni membenarkan adanya informasi soal rekrutmen 358 CPNS untuk Ponorogo ini. Namun sampai saat ini memang belum bisa dibberakan formasi yang dibuka, jumlah tenaga di masing-masing formasi tersebut serta jenjang pendidikan yang dibutuhkan.

Pemkab masih berkoordinasi dengan Pemprov Jawa Timur menyangkut berbagai persoalan pada proses pendaftaran dan penerimaan CPNS ini. Beberapa hari yang lalu Sekda Kabupaten Ponorogo Agus Pramono ke Pemprov Jatim untuk medapatkan kejelasan atas sejumlah persoalan terkait hal ini.

“Saat ini kita sedang meng-clear-kan dengan provinsi untuk beberapa hal. Misalnya tempat ujian nanti di mana sampai dengan anggaran dari pelaksanakaan ujian CPNS,” ungkap Bupati Ipong, Jumat (14/9/2018).

Dikatakannya, di Jawa Timur yang terdapat 38 kabupaten dan kota yang akan dibagi dalam sembilan kelompok untuk pelaksanaan tes. Setiap lokasi akan diisi empat hingga lima kabupaten/kota dengan masing-masing peserta ujian.

“Perkiraan yang ikut ujian dari masing-masing kabupaten/kota ada 20 ribu peserta ujian dan ada empat atau lima kabupaten di tiap kelompok. Dengan begitu ada sekitar 80 ribu sampai 100 ribu peserta. Lalu kalau Ponorogo tempatnya di mana? Katakan di Kota Madiun, lalu tempatnya di mana yang menampung sebanyak itu. Itu yang kita tanyakan,” ujar Bupati Ipong.

Koordinasi juga dilakukan terkait teknis proses penerimaan CPNS 2018 tersebut. Ipong menyebut dalam surat yang dikirimkan Kemenpan-RB belum ada lampiran petunjuk pelaksanaan alias juklaknya.

Hal yang juga ditanyakan adalah anggaran untuk proses penerimaan itu sendiri. “(Pemerintah) Pusat hanya menyebut kita dapat jatah sekian lowongan dan harus diumumkan tanggal 19 September ini. Tapi anggaran pelaksanaan dari mana, apakah dari pusat, atau provinsi, atau daerah? Atau kalau di Kota Madiun (lokasi ujian), apakah ditanggung oleh Kota Madiun? Itu belum jelas,” kata Ipong.

Dikatakannya, saat ini Pemkab Ponorogo belum menyiapkan anggaran untuk rekrutmen CPNS 2018 ini. “Tapi kalau memang harus diadakan (oleh Pemkab Ponorogo) ya nanti kita adakan mendahului PAK (Perubahan Anggaran Keuangan),” pungkas Bupati Ipong. (kominfo/dist)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *