Breaking News
  • Home
  • Slider
  • Ponorogo Segera Susun Masterplan Kota Berbasis Teknologi Informasi

Ponorogo Segera Susun Masterplan Kota Berbasis Teknologi Informasi

By on August 1, 2018 0 294 Views

KOMITMEN untuk terus berbenah menjadi lebih baik ditunjukkan secara serius oleh Pemkab Ponorogo. Salah satunya dengan upaya untuk menyusun masterplan atau cetak biru kawasan berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Ini terlihat dari tingginya antusiasme Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Ponorogo dalam rapat Koordinasi Penyusunan Masterplan Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi yang digelar di Ruang Bantarangin Gedung kridha Praja Pemkab Ponorogo, Rabu (1/8/2018).

Team Leader Penyusunan Masterplan dan Analis Smart City untuk Ponorogo, Endroyono, mengatakan, Ponorogo memiliki potensi yang luar biasa untuk dikembangkan menjadi wilayah yang berbasis teknologi informasi.

Kepala Komunikasi Laboratorium Multimedia Institut Tekonologi Sepuluh Nopember yang juga Team Leader Penyusunan Masterplan Tata Kelola TI Ponorogo Endryono (kemeja batik) saat menjadi narasumber dalam rakor di Gedung Kridha Praja Pemkab Ponorogo, Rabu (1/8/2018).

“Dari sisi human (masyarakat) sangat berpotensi untuk diajak maju. Infrastruktur juga sudah siap untuk cikal bakal smart city,” ungkap Kepala Komunikasi Laboratorium Multimedia Institut Tekonologi Sepuluh Nopember ini usai rakor.

Penyusunan masterplan ini, lanjut Endroyono, merupakan upaya agar langkah menuju smart city kebih terstruktur dan lebih terarah. Dengan masterplan yang tepat, tujuan membentuk smart city bisa lebih cepat tercapai.

“Kalau seperti apa adanya mungkin 10 tahun baru selesai, kalau ada masterplan, maka dalam dua atau tiga tahun sudah jadi bagus,” ungkapnya.

Dikatakannya, para personel dari OPD atau dinas-dinas di Pemkab Ponorogo tampak sangat antusias untuk menyusun masterplan ini. “Kalau semua mendukung, maka akan lebih mudah mewujudkan kawasan berbasis teknologi informasi,” ujarnya.

Suasana rakor penyusunan Masterplan Tata Kelola IT Ponorogo di Ruang Bantarangin, Gedung Graha Kridha Praja Pemkab Ponorogo, Rabu (1/8/2018).

Diterangkannya, dengan penggunaan teknologi informasi di berbagia bidang, maka pemerintah dan kepala daerah akan lebih mudah untuk memprioritaskan pembangunan. Ini karena semua data dan indeks bisa diketahui secara terintegrasi.

“Kalau ada data tentang sandang, pangan dan papan terintegrasi, maka upaya untuk pengentasan kemiskinan dan sektor mana yang harus didahulukan akan lebih mudah dilakukan. Dan masih banyak hal lain yang akan lebih mudah dan tepat dilaksanakan oleh pemerintah,” ujarnya.

Setelah hal ini terwujud, maka akan berkembang menuju e-government atau tata pemerintahan berbasis elektronik dan selanjutnya menjadi smart city. “Di situ ada smart mobility, yaitu mengatur pergerakan masyarakat yang lebih efektif, smart ecology yaitu upaya membangun dan menjaga lingkungan dan seterusnya,” urai Endroyono.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Ponorogo Najib Susilo mengatakan, saat ini pihaknya sudah sangat siap untuk mengantarkan Ponorogo menjadi kawasan cerdas berbasis teknologi informasi.

“Kita super siap untuk membentuk masterplan ini. Sebab tanpa itu, kita tidak akan bisa melangkah dengan tepat. Karena itu, kita ingin semua OPD bisa segera berkoordinasi terkait gambaran dan kebutuhannya untuk teknologi informasi ini. Sehingga semua bisa terekam dan masuk ke masterplan karena ini adalah rencana dasar pembangunan teknologi informasi di Ponorogo,” ungkapnya. (kominfo/panji/dist)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *