Prasasti Candra Sengkala Memet Berdirinya Ponorogo

Prasasti Candra Sengkala Memet Berdirinya Ponorogo

Prasasti Candra Sengkala Memet Berdirinya Ponorogo

Comments Off on Prasasti Candra Sengkala Memet Berdirinya Ponorogo

Prasasti Candra Sengkala

Ponorogo, merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan  dengan Propinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Ponorogo. Dalam beberapa kisah yang beredar baik dalam Buku Babad Ponorogo; Purwa Wijaya,  Depdikbud;  Atau pada Kidungan yang beredar dan dibacakan pada Kelompok Sutresna Mocopat, Kidung Pana. Juga di kisah lain yang beredar di Masyarakat Ponorogo, baik itu melalui tutur atau cerita Lisan, Ponorogo merupakan Kadipaten yang didirikan oleh Raden Katong, atau Batoro Katong.

Berdasarkan catatan sejarah keturunan generasi ke-126 ia yaitu Ki Padmosusastro, yang disebutkan bahwa Bathara Katong dimasa kecilnya bernama Raden Joko Piturun atau disebut juga Raden Harak Kali . Ia adalah salah seorang putra Prabu Brawijaya dari garwo pangrambe (selir yang tinggi kedudukannya).
Sedang Berdirinya kota Ponorogo, dasar bukti peninggalan benda-benda purbakala berupa sepasang batu gilang yang terdapat di depan gapura kelima di kompleks makam Batara Katong atau pada gapura pertama yang berdaun pintu. Pada batu, yang dipercaya masyarakat dengan sebutan batu gilang tersebut terdapat Candra Sengkala Memet yang berisi tentang tahun berdirinya Kadipaten Ponorogo.
Sedangkan Candra Sengkala Memet, gambar manusia yang bersemedi, pohon, burung garuda dan gajah. Sedangkan maknanya adalah :
Orang bersemedi memiliki nilai : 1, Pohon simbul angka : 4, Burung garuda bernilai: 1, Gajah  bernilai : 8.
Candrasengkala memet ini menunjukkan angka tahun 1418 Saka atau tahun 1496 M .
Prasasti tersebut, kini sudah semakin aus termakan oleh waktu. Tapi guratan gambar sebagai Candra sengkala memet masih nampak bisa kita lihat. Maka bila berziarah ke Makam Batoro Katong, sempatkanlah untuk melihat batu tersebut sehingga anda bisa mengerti dan mengingat tahun berdirinya Ponorogo. (kominfo)

About the author:

Alamat

themecircle

Tentang Ponorogo

Back to Top