Breaking News
  • Home
  • Slider
  • Rapat Koordinasi Dari Semua Pihak Terkait Program PTSL 2018

Rapat Koordinasi Dari Semua Pihak Terkait Program PTSL 2018

By on April 4, 2018 0 395 Views

Wakil Bupati Ponorogo Soedjarno memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi di Bappeda, Rabu(4/4)

Lanjutan dari hearing(dengar pendengar) di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ponorogo kemarin, terkait program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL). Hari ini Rabu (4/4) bertempat di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Ponorogo dilaksanakan rapat koordinasi antara Pemerintah Daerah (Pemda), Kejaksaan Negeri (Kejari) Ponorogo, Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kepolisian  Resor (Polres) Ponorogo, DPRD Ponorogo. Seluruh Kepala Desa, Kelompok Masyarakat (Pokmas)  terkait Program PTSL tersebut.

Pertemuan ini bukan tanpa alasan, pasalnya dimana sejak kasus yang menimpa oknum kades yang menjadi tersangka dalam kasus pungli program PTSL, pelaksanaan menjadi terhenti.  Hal ini menyusul banyak Kepala Desa yang takut karena belum adanya Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur petunjuk teknis dan besaran biaya yang akan dibebankan kepada masyarakat pemohon .

Penyelenggaraan program PTSL ini yang telah berjalan, pada tahun 2018 ini target yang bakal dicapai 50.000 bidang.

Sejak terbitnya Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri yang mengatur besaran biaya dalam program PTSL untuk wilayah Jawa dan Bali, dan harus disertai dengan terbitnya Perbup jika ada biaya tambahan melebihi besaran biaya yang sudah tercantum dalam SKB tiga menteri .

Wakil Bupati Ponorogo Soedjarno menjelaskan, “bahwa jika memang diperlukan adanya Perbup maka nanti akan kita buatkan, guna menjadi acuan serta payung hukum terhadap penyelenggaran program PTSL di kabupaten Ponorogo.” jelasnya. (kominfo/fdl)