Breaking News
  • Home
  • News
  • Ratusan Tenaga Kesehatan Siap Jaga Kesehatan Warga Korban Bencana

Ratusan Tenaga Kesehatan Siap Jaga Kesehatan Warga Korban Bencana

By on March 7, 2019 0 166 Views

LEBIH dari seratus tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter, mantri, bidan dan perawat hingga tenaga paramedis disiagakan dalam bencana banjir dan longsor di Ponorogo yang terjadi sejak Rabu (6/3/2019). Mereka terbagi dalam sekitar 31 tim dan bersiaga 24 jam.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Ponorogo Hermansyah, Kamis (7/3/2019) petang mengatakan, untuk penanggulangan bencana, bidang yang dipimpinnya telah memiliki prosedur standar. Yaitu seluruh elemen yang bersentuhan langsung dengan masyarakat akan langsung bergerak bila diperlukan. Mereka akan bersiaga untuk melakukan pelayanan kesehatan selama 24 jam setiap harinya.

“Tenaga kesehatan ini bukan hanya terkonsentrasi di pengungsian. Mereka yang berada di puskesmas-puskesmas kita di kecamatan-kecamatan telah siagakan sejak kemarin (Rabu, 6/3/2019) malam. Sebab, bencana ini kan merata di hampir seluruh wilayah Ponorogo. Ada yang banjir, ada yang longsor, sehingga semua kita siagakan,” ungkapnya saat bertugas di Posko Pengungsian gedung Sasana Praja, Kamis (7/3/2019).

Bagi yang di daerah-daerah, mereka bisa menyiapkan diri untuk membantu warga yang terdampak bencana. Di antaranya untuk pertolongan pertamanya. Mereka juga disiapkan untuk bisa datang sewaktu-waktu ke lokasi yang membutuhkan.

“Jadi mereka kita perintahan siap on call ke mana saja. Bisa bergabung di sini atau posko lain atau ke lokasi lainnya yang membutykan tenaga kesehatan,” ujarnya.

Untuk yang di posko pengungsian yang disiapkan adalah satu tim untuk siap periode shift. Tim ini terdiri dari dokter, perawat dan pengemudi ambulan berikut ambulannya.

Yang pasti tugas utama tenaga kesehatan ini adalah memberikan pelayanan kesehatan bagi para korban. Baik yang terdampak langsung seperti para pengungsi maupun mereka yang tidak terdampak langsung oleh bencana.

“Bukan cuma kasih obat ya, tenaga kesehatan kita juga akan memantau sanitasi di lokasi pengungsian lo. Dijaga agar mereka tetap sehat. Mereka juga memastikan gizi dari para pengungsi tercukupi dari menu makanan yang ada,” pungkas Hermansyah. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *