Breaking News
  • Home
  • News
  • Relokasi Pedagang Pasar Legi Setelah Natal

Relokasi Pedagang Pasar Legi Setelah Natal

By on December 4, 2018 0 338 Views

PINDAHAN para pedagang Pasar Legi ke lahan relokasi di bekas gedung RSUD Harjono dipastikan terlaksana setelah Hari Natal. Saat ini kesiapan lahannya sudah sekitar 65 persen.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Ponorogo Addin Andanawarih menyatakan, Pemkab Ponorogo berencana memindahkan para padagang pada 23 Desember mendatang. Saat itu kesiapan lahan diperkirakan sudah mencapau 100 persen.

Lahan bekas RSUD Harjono sedang dalam pembangunan untuk relokasi Pasar Legi saat gedung baru dibangun.

“Tapi teman-teman pedagang ini penginnya setelah Natal karena ternyata pada tanggal 23, 24 dan 25 itu diperkirakan pasarnya ramai untuk orang yang belanja Natalan. Nah, kami ikut saja ketika mereka minta diundur. Jadi mungkin ya tanggal 26, 27 (Desember) sampai beberapa hari lah,” ungkap Addin, Selasa (4/12/2018).

Karena namanya pasar relokasi, Addin berharap semua pihak bisa memaklumi kalau luas masing-masing kios tidak terlalu besar. Dengan lahan yang ada, bedhag yang pasti lebih kecil dari yang ada di Pasar Legi. Padagang akan membawa sendiri perangkat jualannya seperti rak dan sejenisnya.

“Mereka akan menempati pasar sementara ini selama maksimal dua tahun lah. Kan 2019 dibangun dengan jangka waktu satu tahun dan butuh waktu untuk penataan,” ungkap Addin.

Addin manambahkan, di pasar relokasi ini pihaknya menerapkan zonasi atau pembagian wilayah jualan berdasarkan barang yang ditawarkan pedagang. Ini agar lebih mudah ditemukan oleh pembeli.

Salah satu bangunan yang hanya berupa atap dan tiang juga akan ikut dipindahkan. “Itu permintaan pedagang sehingga akan kami pindahkan juga,” ujarnya.

Nantinya ada tiga pasar yang akan dipindahkan ke lokasi sementara tersebut. Yaitu para pedagang di Pasar Legi yang terbakar, Pasar Eks Pengadilan dan Pasar Eks Stasiun.

Dinas Perdagkum Ponorogo mencatat ada 1.7272 pedagang di Pasar Legi. Rinciannya 1.168 pedagang di Pasar Legi yang terbakar, 256 pedagang di los eks Pengadilan Negeri Ponorogo dan 303 bagian barat Pasar Legi atau biasa disebut pasar stasiun. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *