Breaking News
  • Home
  • News
  • Ribuan Pasang Mata Melihat Kemeriahan Kirab Adipati Joyonegoro

Ribuan Pasang Mata Melihat Kemeriahan Kirab Adipati Joyonegoro

By on September 30, 2018 0 301 Views

Dalam sejarah Ponorogo, Adipati Joyonegoro mendapat tempat sendiri. Pasalnya tokoh yang masih memiliki trah Kerajaan Mataram itu merupakan bupati Gadingrejo (Ponorogo Selatan). Untuk itu Kecamatan Slahung setiap tahun menggelar acara Kirab Joyonegoro untuk mengenang sejarah masa lampau. Dalam acara tersebut dikirabkan pusaka peninggalan Adipati Joyonegoro.

Ribuan orang memadati lapangan Kecamatan Slahung menyaksikan kemeriahan Kirab Adipati Joyonegoro

 

Acara yang digelar Sabtu lalu,(30/9). Pusaka dikirab sejauh lima kilometer dari lapangan Nailan hingga lapangan Kecamatan Slahung. Seperti yang di ungkapkan, Imam Rohni Camat Slahung menuturkan untuk rute kirab tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. “Untuk tahun-tahun sebelumnya tempatnya dimakam, karena dimakam tempatnya sempit jadi dipindah disini,” ungkapnya.

Pusaka Joyonegoro dikirab dengan dikawal ratusan prajurit. Saat pusaka memasuki lapangan, prosesi berlanjut upacara penyerahan pusaka kepada juru kunci. Ribuan pasang mata melihat prosesi penyerahan dengan sangat khidmat. “Tradisi seperti ini harus tetap dilestarikan, biar masyarakat mengerti akan sejarah,” imbuhnya.

Setelah selesai prosesi upacara sesepuh setempat membacakan do’a sebagai wujud rasa syukur atas nikmat yang diberikan. Dengan harapan dijauhkan dari mara bahaya dan dilanjutkan dengan acara tumpeng porak. “Harapannya kedepannya nantinya acara ini semakin meriah, karena kirab ini sudah berjalan sejak 2007 silam,”jelasnya.

Kirab budaya ini juga dimeriahkan iring-iringan dokar dan mobil hias, ada juga kesenian gajah-gajahan, reog thek, dan reyog dalam memeriahkan acara kirab Joyonegoro ini selepas acara upacara.”Jangan sampai abak cucu kita nantinya tidak tahu siapa itu Adipati Joyonegoro, selain itu ini bisa jadi alternatif wisata sejarah dan budaya Kabupaten Ponorogo,”pungkasnya. (kominfo/fdl)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *