Breaking News
  • Home
  • News
  • Sebanyak 593 Calhaj Ponorogo Siap Berangkat ke Tanah Suci

Sebanyak 593 Calhaj Ponorogo Siap Berangkat ke Tanah Suci

By on July 27, 2018 0 309 Views

JEMAAH calon haji dari Kabupaten Ponorogo yang berjumlah 593 orang, dinyatakan siap untuk bertolak ke tanah suci. Pada Jumat (27/7/2018), sanak keluarganya mulai menyerahkan tas kopernya untuk diberangkatkan lebih dulu ke embarkasi.

JCH dari Ponorogo terbagi dalam dua kelompok terbang atau kloter, yaitu kloter 36-37 Jawa Timur. Mereka akan terbang ke tanah suci dari Embarjasi Juanda Surabaya dengan sejenak menginap di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Seorang petugas Kemenag Ponorogo saat memeriksa tumpukan koper para Jemaah Calon Haji Ponorogo yang akan diangkut lebih dulu ke Embarkasi Haji Juanda pada Jumat (27/7/2018).

 

Rencananya, keberangkatan mereka akan dilepas oleh Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni pada Sabtu (28/7/2018) pagi dari Paseban Alun-Alun Ponorogo.

Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama Ponorogo M Thohari menyebutkan, semula ada 602 JCH yang akan diberangkatkan oleh pihaknya. Namun, saat proses persiapan keberangkatan haji pada musim ini, sebanyak delapan JCH mengundurkan diri karena meninggal, sakit, batal berangkat karena suaminya sakit dan pasangan suami istri JCH yang tidak jadi berangkat karena salah satu pasangan sakit. Satu orang lagi gagal berangkat karena meninggal di Jumat (27/7/2018).

Karena pengunduran diri ini, ada tiga orang JCH dalam porsi cadangan yang akhirnya dipanggil untuk berangkat beribadah ke tanah suci. “Jadi untuk mengisi yang mundur, maka tiga orang JCH kita undang untuk berangkat dan semuanya ikut dalam rombongan kita kali ini,” ujar Thohari di kantornya, Jumat (27/7/2018).

Sementara itu untuk pengamanan kondisi saat pemberangkatan para JCH dari Ponogoro di Paseban Alun-Alun, ada 50 personel polisi dari Polres Ponorogo, 20 personel Satpol PP dan 10 personel Dishub akan dikerahkan.

“Para petugas ini akan membantu dalam menjaga keamanan jemaah dan keluarga pengantar, mengatur lalu-lintas dan tentunya membantu kelancaran acara,” pungkas Thohari. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *