Breaking News
  • Home
  • News
  • Sebelum 20 Menit, Laporkan Kebakaran ke Damkar

Sebelum 20 Menit, Laporkan Kebakaran ke Damkar

By on August 27, 2018 0 423 Views

20 MENIT pertama kejadian kebakaran adalah waktu paling kritis dalam sebuah kejadian kebakaran. Karena itu, warga yang mendapati kejadian kebakaran diminta segera menghubungi pemadam kebakaran di waktu yang disebut golden time penyelamatan kebakaran ini.

Seorang anggota pemada kebakaran Ponorogo saat melakukan perawatan terhadap mobil damkar yang ada.

Kepala Satpol PP Kabupaten Ponorogo Supriyadi mengatakan, selama tiga pekan di Agustus 2018 ini telah terjadi sekitar 13 kali kebakaran di wilayah Ponorogo. Sebanyak tujuh kejadian melanda hunian warga, sedangkan enam lainnya terjadi pada semak-semak atau pepohonan di lahan warga dan milik Perhutani.

Supriyadi, Senin (27/8/2018) di kantornya, mengatakan, jumlah armada pemadam kebakaran di Ponorogo saat ini ada dua unit yang siap setiap saat dan ada satu yang bisa diperbantukan. Dalam upaya pemadaman, ada dua tangki air dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang siap membantu.

“Sebenarnya dengan dua armada dan tambahan tangki BPBD sudah mampu memadamkan api kebakaran yang masih awal. Perkiraan adalah 20 menit awal itulah yang paling kritis untuk pemadaman,” ujarnya.

Karena itu, pihaknya meminta warga segera menghubungi nomor pemadam kebakaran yang ada di naungan Satpol PP untuk memadamkan api. Yaitu di nomor darurat 113 (hanya bisa dihubungi t melaui telepon rumah) dan 0352-461013 bisa lewat nomor telepon seluler.

“Yang terjadi kalau ada kebakaran, warga menghubungi perangkat desa, lalu perangkat desa menghubungi polsek, baru polsek ke kami. Saat itu api sudah membesar. Himbauan kami, sebelum 20 menit dari awal diketahuinya kebakaran, langsung hubungi damkar sehingga harapannya api belum terlalu besar dan bisa segera dipadamkan,” ungkap Supriyadi. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *