Breaking News

Sekda : 2019 PNS Dapat TPP

By on July 10, 2018 0 1390 Views

MULAI 2019 mendatang para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Ponorogo akan menerima Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP) dengan besaran tertentu. TPP ini merupakan kewajiban Pemkab Ponorogo seperti yang diamanatkan oleh KPK.

“TPP itu wajib, amanah dari KPK. Pemda Ponorogo akan menerapkan bukan di perubahan (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan, APBD-P, yang biasanya hadir di semester II) tapi di tahun 2019,” ungkap Sekda Kabupaten Ponorogo Agus Pramono usai mengambil Sumpah Janji ASN di Aula Gedung Korpri, Selasa (10/7/2018).

Sekda Kabupaten Agus Pramono saat memberikan pengarahan kepada para ASN yang baru saja diambil sumpahnya. Profesionalitas dan kedisiplinan menjadi penekanan dalam sambutan tersebut.

Sekda Agus Pramono menyatakan, secara prinsip, dananya akan diambilkan dari honor-honor organisasi-organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada. “Kita akumulasikan honor-honor itu dan terkumpul sekitar RP30 miliar. Kebutuhannya sekitar Rp39,5 miliar (setahun). Nantinya akan jadi tambahan penghasilan untuk para PNS kita. Ini untuk meningkatkan kinerja mereka di semua golongan,” ujarnya.

Disebutkannya, Pemkab Ponorogo memang belum bisa menerapkan pemberian tunjangan kinerja atau tukin. Perhitungan untuk tukin ini akan lebih selektif dan lebih rumit dengan konsekuensi seluruh honor kegiatan tidak lagi ada.

“Kalau sekarang ya TPP dulu, nanti setelah 2020 atau 2021 baru mungkin bisa diterapkan tukin. Persiapannya butuh waktu dan sosialisasi,” imbuh Sekda Agus Pramono.

Sedangkan untuk meningkatkan kedisiplinan para PNS, Pemkab Ponorogo akan menerapkan absen dengan sistem sidik jari atau fingerprint absency. Untuk pengadaan alat dan operator akan dianggarkan melalui Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD 2018.

Pada Selasa (10/7/2018) Sekda Kabupaten Ponorogo Agus Pramono mengambil sumpah 215 ASN. Mereka yang diambil sumpahnya terdiri dari 16 orang CPNS Penyuluh Pertanian, 14 orang CPNS dari Sekolah Tinggi Transportasi Darat dan 121 orang CPNS bidan. Sisanya adalah para PNS yang sudah diangkat pada tahun-tahun sebelumnya namun baru diambil sumpahnya saat ini. Dalam Kesempatan itu, diserahkan pula SK PNS kepada para PNS yang diangkat di tahun 2018. (kominfo/dist)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *